Archives

Khailila 4 bulan

4 bulan 19 hari tepatnya hari ini, begitu ingat ini hari terakhir dibulan januari langsung buru2 posting sebelum lila masuk 5 bulan, padahal kepengennya postingan tentang perkembangan lila selalu on time, tapi bagemana mungkin, si emak beranak dua ini sampe sakarang belum ada helper, kalo siang begitu ada waktu buat “nafas” dipake buat tidur ato twitteran ato blogwalking dan akhirnya lupa sama blog sendiri heheh. Tanggal 12 kemarin pas lila genap 4 bulan kebetulan  hari sabtu jadi jadwal imunisasinya tepat waktu, kami ke hermince setelah sebelumnya nelpon dulu nanya DSA siapa yang praktek hari itu dan yang belum terlalu banyak antriannya, pilihan jatuh pada Dokter Auli* siapa gitu, saya lupa nama lengkapnya. kami dapat nomer 14

Walaupun hari sabtu di Hermince ramenya ngalahin mol tapi alhamdulillah kami gak terlalu lama ngantri, didalam gak gitu banyak ngobrol sama dokternya, begitu tau kami datang mau imunisasi, si dokter langsung ambil tindakan,lila di enjus-selesai si dokter senyum dengan mimik muka “mempersilahkan” kami untuk keluar heheh. sempat nanya tentang suplementasi zat besi, beliau gak gitu banyak beri penjelasan tapi intiya sih gak terlalu nyaranin.

Bulan ke 4 ini, Lila dapat imunisasi polio 3 dan DPT+Hib 2. Untuk bulan ini meskipun hanya 2 jenis imunisasi tapi ongkosnya gak terlalu jauh beda dengan ongkos waktu lila imunisasi di bulan ke 2 (ada 3 jenis ),  pas melototin kuitansi ternyata penyebabnya adalah tarif DSA di hermince per Januari 2013 naik sodara2, kalo sebelumnya Rp 125 ribu sekian (kalo gak salah), sekarang tarifnya jadi 147 sekian hiks..bulan ini pengeluaran imunisasi lila Rp 470.700.

Sama seperti waku lila umur 2 bulan, kali ini kami juga ngambil imunisasi combo DPT+Hib yang panas, dan karena pengalaman kemarin, 3 jam setelah imunisasi, lila langsung anget makanya setelah pulang dari hermince kami langsung pulang kerumah. Sampe dirumah kami udah jaga2 kalo si panas datang, tapi alhamdulillah 3 jam berlalu, lila gak panas bahkan sampe besoknya badannya sama sekali gak panas, cuma agak lemes aja. Tapi ternyata belum bisa lega beneran, meskipun dia gak panas, tapi 2 hari berturut2 setelah imunisasi lila lemes dan rewel terus, pas dicek ternyata bekas suntikannya dipaha agak membengkak, jadi itu yang bikin dia gak nyaman. Pengen ke dokter lagi, tapi pak suami bilang gak usah karena bengkaknya semakin mengecil asal rajin2 dikompres air anget aja.

IMG_20130112_193853

trus gimana lila di usianya yang 4 bulan ini ?? 3 ato 4 hari sebelum tanggal 12, aku bbman sama @shalihare, dia nanya apa lila udah bisa tengkurap (sendiri ato dibantu) belum, aku nyante aja bilang belum, Lila baru mau miring2 gitu tapi belum terlalu sering, teryata ali yang seumuran lila  juga belum, yah udah aku masih dengan ekpresi sante aja, karena mikir emang belum waktunya mungkin, tapi berubah jadi sedikit panik pas si rella ngasih tau kalo menurut DSA di twitter katanya anak seusia ali dan lila seharusnya sudah bisa tengkurap (sendiri ato dibantu) dan katanya “deadlinenya” itu sebelum 4 bulan, what gimana donk?? lila 3 hari lagi mau masuk bulan, tapi belum bisa tengkurap, kata dokter itu lagi, biar cepat tengkurap, si anak harus sering distimulasi dengan membantu si anak2 miring2 gitu, dan itu sama sekali belum pernah aku lakukan (ibu macam apa sayahhhh). akhirnya jadi ketawa2 miris berdua si rella,sesibuk apa sih kami sampe lupa merhatiin milestone anak #sibukamagadget  #selftoyor #lemparBB

eh taunya pas aku tinggal sholat magrib,lila dengan bantuan si papa udah langsung bisa tengkurap dan besoknya udah tambah lancar aja..howehhh, sekarang durasi tengkurapnya udah semakin lama, tapi kalo udah kelamaan banget nangis minta dibalikin (belumbisa balik sediri). Kalo lagi tengkurap dia lagi seneng2nya menjatuhkan kepalanya sambil senyum2 seperti ini..gemesss

IMG_20130127_120314

Berat badan lila naik 700 sekian gram dari bulan lalu, tingginya lupa berapa (buku catatannya lupa naro dimana) hobbynya masih sama seperti bulan lalu..ngemut tangan..

PhotoGrid_1359646580198

jadi kepikiran buat ngasih dia empeng aka pacifier, tapi masih maju mundur,  kalo disini emang jarang ngeliat anak bayi pake empeng, tapi kalo di jerman, kayaknya gak ada bayi yang gak pake empeng, aku sering merhatiin dengan ngasih empeng, ortu jadi terbantu, si anak jadi lebih tenang begitu rewel sedikit, hap si empeng masuk kemulut dan si anak pun jadi kalem. apalagi kalo di tempat2 umum yah, tau sendiri kan orang sana agak2 gak sante kalo denger suara anak nangis, begitu anak kita nangis maka seluruh mata bakalan tertuju sama kita, seolah2 kita ini terdakwa. Jadi inget, waktu itu raihan sedang masa2nya cranky, dikit2 nangis,dikit2 ngamuk. tau2 pintu apartemen kami diketuk, ternyata  tetangga kami, dia nanyain apa raihan baik2 saja katanya akhir2 ini dia sering banget dengar raihan  nangis, dia bahkan pengen liat kondisi raihan langsung, apa raihan baik2 aja, mungkin dia takut jangan2 raihan nangis terus gara2 kami siksa hehehe, trus dia nawarin batuan kalo sekiranya kami gak sanggup bikin raihan tenang dia bisa bantu buat ngasi terapi dan semacamnya. Walopun disampaikan secara sopan, intinya dia tuh pengen bilang kalo dia ngerasa tergangu dengan suara tangisan raihan..hhehehe..Tapi beneran loh, jumlah anak juga jadi bahan pertimbangan pemilik apartemen mau menyewakan tempatnya kepada kita ato enggak, teman kami harus kesana kemari nyari apartemen karena jarang mau nerima dengan alasan takut tetengga lain pada komplen karena si teman ini punya anak 3..

wew koq jadi jauh gini bahasannya..intinya alhamdulillah di usia 4 bulan ini lila sehat, perkembanganya fisik dan motoriknya juga baik. mudah2an begitu seterusnya.. Insya allah kalo semua lancar2, kurang 2 bulan dari sekarang lila udah mau MPASI, udah selesai ASI ekslusif yang mana itu berarti  masa “bulanmadu” buat emaknya berakhir sudah, masa2 yang ngebolehin emaknya makan dengan porsi double (bahkan kadang triple) dengan alasan masih nyusuin ekslusip..hiks selamat datang diet #kunyah2timbangan–

serunya punya anak perempuan

Sering banget denger ucapan orang2 yang bilang kalo punya anak perempuan tuh seru karena bisa didandanin macem2, eh ternyata emang bener yah, abis kalo anak cowok (dari pengalaman sendiri) ujung2nya yah itu2 aja, kalo gak kaos pasti kemeja sebagai pasangan buat  jeans. udah.titik. itu aja. paling nambahin topi ato jam tangan itupun dengan catatan kalo anaknya mau pake. Tapi kalo anak perempuan lainnnn…banyak banget pilihannya,mulai dari  jumper  yang lucu2, dress2 cantik, kaos kaki ato sepatu prewalker yang unyu2, belum lagi  heandband, gelang tangan, legging, tutu, duhh berasa pengen beli semua deh..para pemilik OLS pasti ketawa girang deh liat emak2 kayak aku

Jadi inget waktu kecil dulu, aku punya mainan orang2an dari kertas yang bisa diganti2 bajunya sesuai acara yang mau didatengin, mau ke pesta, renang, sekolah ato dirumah aja semua ada bajunya. lucu2 lagi, nah sejak punya lila aku kayak dejavu, balik ke masa kecil dulu, bedanya bonekaku yang sekarang ini, hidup dan bisa dicium2in hihihi

Tapi aku juga gak maksa koq, kalo keliatan gak cocok dan jatuhnya jadi too much biarpun lucu, gak akan aku pakein ke Lila, dan sudah pasti ada 1 benda yang gak bakalan aku beli buat lila, bando yang ada rambut2nya itu loh.hihihi

IMG_0012.JPG_effected

PhotoGrid_1355818750226

PhotoGrid_1355699716128

Khailila-aqiqah

Manusia emang hanya boleh punya rencana,  awalnya kami pengen  buat acara aqiqahnya lila itu sama seperti raihan dulu, seminggu setelah dia lahir, tapi kembali lagi, semuanya Allah yang nentuin. pas Lila umur 5 hari, mama aku yang sedianya bakalan nemenin beberapa minggu dulu sampe aku kembali “normal” setelah lahiran ternyata harus pulang ke Kendari karena ada urusan mendadak yang sangat penting, di hari yang sama pak suami juga terbang ke Bangkok buat menghadiri seminar, Pulang dari Bangkok, pak suami masih sibuk dengan berbagai macam “road show” ke berbagai daerah. Bali,Mataram,papua, sulawesi dll (itu yang aku inget) plus aneka macam seminar+training dan kawan2nya. dan gak berasa tau2 Lila udah 3 bulan aja. Akhirnya aku desak pak suami buat nentuin tanggal aqiqah,karena kalo diturutin terus kesibukan pak suami bakalan gak abis2. dan akhirnya kami sepakat tanggal 16 desember buat aqiqahin Lila.

Namanya juga punya hajatan meskipun judulnya syukuran sederhana tapi tetep juga sibuk, apalagi kali ini kami cuma bener2 berdua, gak ada keluarga yang sempat datang, awalnya sempat gak pede, bisa gak yah kita ngadainnya, Kalo dulu waktu aqiqah raihan, kami kan tinggal terima beres aja, segala macam tetek bengek untuk urusan seremonial aqiqah udah diurus sama mama, tante mertua dan kakakku, tapi sekarang semuanya kami urus berdua aja. sedih juga sih tapi yah mau gimana lagi, dan mungkin karena kasian, akhirnya mamaku bersedia datang ke bogor buat nemenin..ahhh syenangnyaaaa

Alhamdulillah acara aqiqah lila berjalan lancar, dimulai dengan pengajian + potong rambut dan dilanjutkan dengan makan2 sederhana dengan tetanggan dan temen2 deket. Lega rasanya akhirnya kewajiban kami sebagai orang tua untuk mengakikahkan dan memberi nama yang baik tunai sudah, semoga jadi anak yang shalehah yah nak.

IMG_0004.JPG_effected

IMG_0023.JPG_effected

Continue reading