Amnahh’s Kitchen–kue sagu keju

Semestinya di usia kehamilan seperti sekarang ini aku harusnya lebih rajin nyari informasi tentang kehamilan, entah itu refreshing ilmu breasftfeeding atau  belajar (lagi) tentang clodi dll, bahkan aku untuk perlengkapan si adek, aku belum nyiapin apa2 loh, Entah kenapa (mungkin bawaan hamil juga kali yah), aku malah lagi semangat2nya belajar baking, segala blog2 tentang masak2an aku rajn pantengin, daftar dimilis N*C juga aku jabanin (walopun belum diaprrove,hiks) bahkan sampe punya niat ikutan kursus bikin kue. Hal yang paling sering kepikiran akhir2 ini itu adalah resep masakan & kue aja, abis kalo mikirin proses lahiran ntar yang ada malah jadi stress

Beberapa hari terakhir ini aku tiba2 pengen banget makan kue kering (mungkin pengaruh suasana mau ramadhan juga kali ya), ada 2 jenis kue yang aku idamin, nastar ama kue sagu keju. Sempat  ke hypermart deket rumah, tapi waktu itu belum jual kue kering (ya iyalah..puasa aja belum). Akhirnya ketemu juga sagu keju di toko deket rumah, beli yang ukuran kecil aja, harganya 25 ribu. dasar #makirit agak sayang juga ngeluarin duit segitu untuk kue kering ukuran seiprit, tapi gak papalah yang penting hasratnya tersalurkan..tsahhhhhh.

Sampe dirumah aku langsung nyobain si kue, aku tawarin raihan dianya gak mau..alhamdulillah jadi kuenya aku makan sendiri (hihihi),,dan emang kue sagu keju ini bikin nagih deh, gak terasa comot satu..satu lagi..dan tambah satu tau2 si kue abis dalam tempo yang sesingkat-singkatnya . malah masih pengen tapi toplessnya udah kosong. wah parah juga kalo kayak gini. akhirnya bertekad harus bisa bikin kue sagu keju ini sendiri, biar gak tekor

Rabu kemarin pas raihan sekolah, me time-ku aku habiskan dengan bermain spuit.. resepnya aku ambil dari sini. aku tulis ulang yah

Bahan :
300 gr tepung sagu
2 lembar daun pandan (aku gak pake karna gak punya)
100 gr margarine
50 gr mentega (butter) (aku gak pake, karena gak punya, jadi 150 gr margarine aja)
150 gr gula halus
1 btr kuning telur
100 gr keju cheddar (disaranin buat panggang lebih dahulu) tapi aku gak panggang (males hihih-tapi hasilnya tetep krenyes2 koq)
50 ml santan kental siap pakai (aku pake 65 ml-ngabisin 1 santan instan kemasan 65 ml)

Cara buatnya:

  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata.
  • Tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata.
  • Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan ke dalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
  • Oven selama 40 menit dengan api kecil saja supaya tidak gosong.

catatan kecil:

  • kebetulan aku punya butter susu aku gak tau apa fungsinya sama dengan mentega (butter) seperti yang ditulis diresep aslinya, si butter susu aku tambahin sekitar 2 sendok di adonan. Alhamdulillah adonannya sehat walafiat koq
  • aku belum punya parutan keju, jadinya kejunya aku blender. bentaarrr aja
  • Diresep aslinya, katanya kue dipanggang selama 40 menit, tapi karena gw pake otang, gw panggang sekitar 25-30 menit juga udah matang koq,
  • Bikin kue ini sebenernya mudah (walo gak gampang banget ya) yang bikin capek tuh karna aku pake otang yang mana ada bonus acara  bolak-balik ngecek (ohh jadi kangen ovenku di Bremen)
  • 1 resep jadinya sekitar 900 gram, aku bagi di 3 stoples, 1 ukuran 450 gram dan 2 stoples ukuran 250 gram, sebenarnya bisa lebih sih tapi aku sambil ngespuit juga sambil comot kue yang udah jadi hehehe

dan inilah hasil karyaku rabu kemarin..taraaaaaa #senyumbangga, rasanya sama loh dengan yang beli di toko kemarin. wihh bangga banget rasanya akhirnya bisa bikin kue kering sendiri hihih.

Gara-gara sukses bikin kue ini, aku jadi percaya diri dan yakin kalo gak ada hal yang gak bisa kalo kita mau belajar, duile diriku.. baru bisa bikin kue sagu keju sendiri aja sudah langsung khotbah ala Ma*io Teg*h  hihih. Sayangnya kamera lagi dibawa si papa kebali, padahal “momen bersejarah” ini harusnya diabadikan hihihi.

Tantangan berikutnya, bisa gak yah bikin nastar sendiri

One thought on “Amnahh’s Kitchen–kue sagu keju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s