Amnah’s kitchen—Wingko babat

Si Raihan mulai nagih “ma koq kita gak pernah bikin kue lagi sih???” . Yap selama di Bogor saya emang  belum nge-baking lagi, jangankan baking, buat masak hari2 aja saya udah gak sanggup (dan akhirnya memutuskan untuk catering). ditambah lagi bulan ini saya “kedatangan” banyak penyakit, jadi kalo raihan nanya, saya selalu jawab “nanti yah kalo mama udah sembuh”. dan gara-gara jawaban saya ini, tiap bangun tidur pertanyaan raihan selalu sama. “Mama udah sembuh”????

Akhirnya dua hari yang lalu,saya ajak raihan buat baking, duh seneng banget dia. Kali ini saya pengen nyobain (Lagi) bikin kue wingko, Di Bremen udah sering banget bikin kue ini , bikinnya selalu pake resep mbak Astry Nugraha. tapi kali ini pengen nyoba yang beda kali aja lebih enak, setelah googling akhirnya mutusin buat nyobain resep wingko ala NCC.saya salin ulang resepnya yah

Wingko Babat resep oleh Ayin Gundersen.

Bahan :

  • 150 grm tepung ketan
  • 300 grm kelapa parut
  • 150 grm gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml santan kental

Cara membuat :

  • Campur tepung ketan putih, kalapa parut, vanili bubuk, garam dan gula pasir
  • Remas-remas sampai gula larut
  • Tambahkan telor, aduk rata
  • Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni rata
  • Pipihkan adonan dan bentuk bulat (saya gak pake cara ini)
  • Panaskan wajan datar yang diolesi dengan minyak (loyangnya saya alasin daun pisang)
  • Panggang wingko sampai matang sambil dibolak-balik (saya gak pake acara bolak-balik)

Dan inilah hasilnya..taraaa


Teryata kalo pake resep ini, menurut lidahku rasanya jadi lebih tradisional, teksturnya lebih kenyal dan ditambah dengan wangi dari daun pisang yang bikin tambah enak, cuma lain kali kalo mau bikin lagi, takaran gulanya mau dikurangin ah, terlalu manis menurutku.

Oh ya, kalo di Bremen acara baking2an lebih ringkes dan praktis karena ditunjang ama oven keren (hihihih), kalo disini acara bakingnya jadi lebih seru, karena pake acara bolak balik ngecek oven, maklum bakingnya pake oven tangkring . eh ada yang mau liat penampakan otang sayahhhh??? ini dia…jreng..jreng,,

Dari hasil goglingan, disaranin katanya biar nyalanya rata, si oven harus diganjel pake bata.Alhamdulillah tetangga banyak yang lagi renov, jadi pak suami kebagian tugas buat minta bata ke tetangga hihihi

One thought on “Amnah’s kitchen—Wingko babat

Leave a Reply

