Raihan sekolah—jadi itu penyebabnya…

Memasuki musim gugur ini sekolah raihan libur 2 minggu, tapi buat yang mau tetep sekolah (terutama yang ibunya bekerja) bisa koq,gak banyak sih yang masuk. ada beberapa anak dari tiap kelas (sekolah raihan punya 6 kelas/grup) ada yang tetap masuk, kalo dikumpulin jadinya 1 kelas. Karena liburan ini kami gak kemana-mana, raihan kami daftarin untuk tetap masuk sekolah, tapi minggu kemarin raihan agak gak fit (mungkin pengaruh perubahan cuaca) akhirnya dia gak sekolah dan keterusan libur dirumah .

Dan senin kemarin, kami siap2 dari pagi buat nganterin raihan masuk sekolah lagi, si papa juga ikut nganterin,siapa tau ada informasi baru dari sekolah (maklum..bahasa jerman ane ngepasss banget jadi penterjemah ), dan sampe disekolah..eh koq gelap yah, ya iyalah kan udah masuk autumn, jam 8 pagi aja masih gelap gulita..etapi koq sekolah masih sepi yah, biasanya udah pada berkeliaran si bocah2..dannnn kami baru menyadari pas liat jadwal, ternyata liburan sekolah masih seminggu lalu..duh maluuuu banget rasanya*tutupmuka*..orang tua macam apa kami ini

Besokannya sesuai dengan termin/janji yang kami buat sebelumnya,kami diundang kesekolah buat ngobrolin perkembangan raihan selama disekolah. aku lupa apa istilah bahasa jermannya untuk acara kayak gini. Sebelum mulai aku nyiapin hape buat ngerekam suara frau Sarah dan Frau Janine..biar bisa diputer ulang dirumah hehehe.

Intinya selama di sekolah alhamdulillah perkembangan raihan cukup baik, sosialiasi dengan teman2nya juga oke, soal makanan dia juga udah mau mencoba makanan yang dikasih (waktu awal2 sekolah dia gak mau,karena gak biasa dengan menu ala bule2 gitu). dari hasil pengamatan ibu guru, kendala utama yang bikin raihan belum bisa 100% enjoy disekolah adalah masalah bahasa. kata mereka Raihan anaknya mau belajar dan sering bertanya..was ist das?? apa ini? apa itu?? dll, cuma kadang kalo raihan bertanya atau menyampaikan sesuatu si bu guru ora mudeng dengan bahasa indonesia, jadi disitulah gak conectnya..si bocah sedang dalam tahap suka2 bertanya dan bercerita, sementara bu guru gak ngerti apa maksudnya..dan demikian pula sebaliknya…

Jadi kebayang gimana bingungnya raihan kalo lagi gak nyambung gitu yah,dirumah aja kalo dia menanyakan sesuatu pasti akan ada rentetan pertanyaan selanjutnya yang aku harus jawab, kalo aku ato papanya gak denger atau sedang ada perhatian ke hal lain, dia terus2an mengulang sampe pertanyaannya dijawab *lapkeringat*. Jadi bu guru nyaranin mulai sekarang kalo ngobrol dirumah sama raihan, mama boleh pake bahasa Indonesia tapi papa harus berbahasa jerman sama raihan. emang sih hal ini udah sering kami praktekkan, lumayan hasilnya untuk nambah perbendaharaan bahasa jerman raihan..kalo mereka berdua sedang ngobrol..emaknya hanya bisa mengamati sajahhhh

Raihan itu guru bahasa jerman aku loh, dia sering ngajarin aku..mama vogel itu artinya burung,assen itu makan, bahkan aku pernah salah sebut, waktu menyebut kata polisi aku bilangnya polizei (sesuai tulisannya) ternyata pengucapannya salah, dan raihan  protes dan berulang2 bilang ke aku..mama yang bener itu policai..whew..

Ngomongin tentang sekolah, aku paling suka kalo hari Selasa pagi karena ada kelas musik.murid2 dari semua kelas gabung di hall trus belajar menyanyi dan menari sama2 dipandu sama seorang guru musiknya..guru2nya juga ikutan, bahkan kalo orang tuanya mau ikutan juga boleh. aku suka denger lagu2 mereka, meskipun gak ngerti artinya..

ini foto raihan waktu dikelas musik, gambarnya kurang bagus karena ngambilnya dari kamera hape

Mudah2an minggu ini cepat berlalu, raihan (dan mamanya) udah gak sabar pengen kesekolah lagi

2 thoughts on “Raihan sekolah—jadi itu penyebabnya…

  1. Ka Raihan udah sekolah yah? Zahia juga rencananya Januari ini mo sekolah (di M’sia taun ajaran baru Januari). Tapi sekarang masih hunting sekolahannya🙂

    Btw apa kabar Mba Amnah? Sehat kan? maap lama ga main kesini. Abis berojolan Zaira gw 2 bulan vakum ga ngeblog🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s