Hari keempat-Good bye itinerary

Rencananya di hari keempat ini kami mau ke Casablanca, pengen banget ke Hassan II Mosque, pengen sholat disana,  itu masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram. hmm manusia boleh berencana,  tapi semua yang terjadi atas kehendak Allah SWT. kami harus say good bye ke itinerary, karena akhirnya kami sepakat membatalkan perjalanan ke Casablanca karena ngeliat kondisi raihan yang gak terlalu fit sehabis pulang dari sahara. Kalau mau nurutin kata hati sih, rasanya nyesel dan sedih gak bisa kesana, kapan lagi bisa ke Casablanca, mumpung lagi di maroko kan. tapi egois banget rasanya kalo maksa berangkat, dengan kondisi raihan yang seperti itu.. Yah..mencoba ikhlas deh, semua pasti ada hikmahnya, mungkin kali ini kami belum dikasih kesempatan untuk sholat di Hassan II Mosque tapi siapa tau Allah ngasih rejeki hingga kami bisa sholat di Masjidil haram. Amin..amin..

Jadinya hari itu kami habiskan dengan keliling kota marrakech aja, tapi berhubung panas banget jadi kami pake sistem keluar masuk, pagi2 keluar trus jam 9 balik sarapan di hotel, trus keluar lagi dan jam 12 balik ke hotel lagi buat ngadem hehehe…agak sorean dikit baru kami keluar sampe malam.

Perjalanan dimulai di Djema Al Fna (againnn) dengan 1 tujuan..pengen bikin henna hehehe. Dapet info dari temen seperjalanan di Sahara kemarin (turis Algeria) kalo dia bayar 10 dirham buat bikin henna alias tatto pura2an di tangannya. pas disana ternyata pembuat henna banyak, manggil2 kita buat datang ke standnya, aku akhirnya milih  menghampiri seorang ibu tua yang sendirian, kasian ngeliatnya, biar aku jadi penglaris buat dia deh, eh pas udah deket ke ibu itu ternyata dia peramal bukan pmbuat henna. gak jadi ahhhdan akhirnya pindah lagi, ke seorang ibu.pas mau nawar dan milih2 model henna, datang seorang perempuan muda trus bawa foto2 model henna,trus aku milih model yang 10 dirham dia bilang enggak, itu fotonya aja 10 dirham, kalo mau model seperti itu harganya 20 dirham, aku bilang enggak, ngapain beli foto itu, aku punya kamera sendiri koq, aku tetep ngotot dengan harga 10 dirham dan akhirnya dia nyerah hehehe

dan inilah hasilnya..si henna 10 dirhams


Yang paling berkesan buat aku hari itu adalah pas berkunjung ke Ben Yousuf Medersa..ini semacam madrasah/pesantren/pusat studi agama islam di jaman dulu, sekarang udah gak difungsiin lagi, jadi total hanya sebagai tempat wisata aja.



foto-foto yang diatas itu madrasahnya, di lantai 2 terbagi atas kamar2 kecil gitu, kata papa gaya arsitekturnya mirip banget sama yang ada di Alhambra.oh ya selain madrasah. ada juga museum, menara dan masjid Ben Yousuf, lokasinya berdekatan semua. sayang karena waktu terbatas, kami gak sempat masuk ke masjidnya. kalau yang ini museumnya.Berhubung waktu itu udah mau tutup, jadi turis yang ada tinggal dikit, jadi lumayan enak buat eksplor dan foto2 heheh, sayang didalam agak panas jadi raihan gak betah, tapi enak sebenernya asik loh keliling museum ini, karena ditemanin sama soundtrack lagu2 khas maroko gitu.


aku suka avatar yang dipake buat pemisah toliet laki2 dan perempuan, unik dan gak biasa (maaf fotonya jelek & ngeblur..)


oh ya harga tiket masuk perorang 20 dirhams, raihan gratis, 20 dirham itu udah buat ngelilingin seluruh kompleks ben Yousuf loh,murah banget kan. Sebenarnya dari hotel kami ke Ben Yousuf gak jauh2 amat tapi gak deket juga #apa sih. kalau niat sih bisa jalan kaki, tapi karena waktu itu kami pake acara nyasar, jadi kesananya naik taksi. Ditambah satu lagi, pas udah di Medersa,batera kamera papa abis, jadi kami balik lagi ke hotel buat ngambil batere..

Disepanjang jalan menuju Ben yousuf ada pasar souvenir, mau beli keramik,kaftan,sandal,kain,batu2an,makanan endesbre endesbre semuanya ada disitu, seperti biasa buat ngelengkapin koleksi, kami beli tempelan kulkas gambar unta yang ada tulisan marokonya, dengan harga… hmmm saya lupah permisah hehhee




Keluar dari museum ternyata udah sore banget, kamipun menuju Djema Al Fna mencari sesuatu yang bisa diembat dan akhirnya kami menemukan 1 kuliner khas disana yaitu escargot alias siput..ayooo siapa berani coba???


semangkok kecil siput dihargai 15 euro, kalo mau porsi gede harganya dobel alias 30 dirham, aku pertama kali nyobain milih porsi kecilnya dulu takut gak suka,eh tapi ternyata enak juga loh, rasanya mirip kerang gitu, orang sana kuahnya diminum juga loh..dan akhirnya saya memutuskan untuk menambah 1 porsi lagi hahaha.tapi biar adil kami pilih penjual yang lain, tapi sayang menurut kami rasanya lebih enak yang pertama..

abis itu kami muter2 lagi djema al fna buat nyari makanan berat.banyak pilihan sih tapi agak males buat nyoba, dan akhirnya pilihan kami adalah KFC (againnnn) hehehe


abis dari KFC, kami langsung balik hotel, dan tidur….

besok hari terakhir kami di maroko…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s