Liburan hari pertama :Penuh kejutan !!!!

Yuhuuuu  Akhirnya jadi juga ke Maroko kitah….

Hari yang ditunggu2 akhirnya datang juga. Selasa 13 September 2011,jam 11 pagi dengan meneteng 2 tas model trolly, 1 ransel plus troller  kami berangkat Ke Bandara. Fyi dari 2 tas yang kami pake, 1 akhirnya minjem punya temen si papa karena seperti yang aku bilang disini, sampe hari keberangkatan si tas yang dibeli online belum nyampe kerumah. Sebenarnya si pesawat  take offnya masih lama. jam 1.50 pm, tapi gak papa deh datang lebih awal biar gak keburu2 gitu.

Karena kami gak pake bagasi, setelah stroller di labelin, kami  langsung aja masuk di waiting room (setelah melewati 2 gate pemeriksaan fisik & tas, dan 1 gate pemeriksaan passport). Sambil nunggu si papa & raihan keliling2 bandara, sedangkan aku sekali2 baca si buku panduan  supaya lebih khatam tentang maroko.

Dan jreng..jreng akhirnya waktu keberangkatanpun tiba, karena datangnya lebih awal, antrian kami paling depan d.tapi ternyata disitu ” kesalahannya“ salah satu tas kami ternyata menyolok perhatian seorang petugas. begitu acara pemeriksaan tiket sebelum menuju ke pesawat, si petugas  nyuruh kami nimbang ulang salah satu tas.. yup si tas kami gak over weight, beratnya 9,8 kg sesuai dengan ketentuan berat bagasi yang dibawa di cabin gak boleh lebih dari 10 kg. aman donk pikir kami..tapi ternyata si petugas ngomong lagi sorry ukuran tas kamu itu gak memenuhi syarat untuk masuk cabin, kamu harus membayar 40 euro dan memasukan tas itu sebagai bagasi.what????  maaf bu coba liat..tas kami gak over weight dan dia fit (baca :masuk) di timbangan yang disediakan itu. (aduh saya lupa foto bentuk timbangannya) Tapi kata dia enggak..tas kamu kelebihan berapa centi..oh god.kelebihan “berapa centi” yang dimaksud itu adalah karena tas kami ada “tulangnya” berupa pegangan trolly jadi menurut dia tetap gak pas sama ukuran cabin. Dan acara ngotot2an pun dimulai.esmosi deh..soalnya ada beberepa penumpang tasnya juga seukuran kami hanya saja mereka ransel jadi “gak ada tulangnya” jadi ketika masuk di timbangan kotak si tas bisa dibenyek2in/ditekan2 (maaf gak tau bahasanya) sampe bener2 fit ke timbangan, sedangkan tas kami gak bisa karena ada si pegangan trolly itu.

Yang bikin kami sewot, di 2 gate sebelumnya koq petugas lain meloloskan kami (disetiap gate ada timbangan dengan bentuk yang sama) kenapa di gate terakhir kami gak lolos. Si petugas tetep ngotot sambil bilang iya nanti saya kasih tau temen saya di gate sebelumnya kalo itu dia salah, dan kebetulan si petugas di gate sebelumnya ada disitu, ketika kami mengkonfirmasi ke dia, dia Cuma bilang  im sorry petugas di gate terakhir itu supervisor kami dan semua keputusan tergantung ama dia ughhhhhhhhhhhhhhhhhhh

Sumpah bête abis deh waktu itu, coba misalnya dari gate awal dia tidak meloloskan kami, kan bisa pulang dulu (rumah deket kan dari bandara) untuk mengatur ulang barang2 kami (toh waktunya juga masih sempat. Jujur deh agak2 gak ikhlas bayar 40 euro itu..ini liburan baru mau dimulai dan si petugas itu bikin mood jadi jelek dehhhhhhhhhhh arghhhhh..yah tapi mau gimana lagi,daripada si tas gak ikut kami ke maroko akhirnya si papa membayar 40 euro itu dan kamipun naik ke pesawat.yahh pengalaman adalah guru terbaik..lesson learnednya adalah besok2 kalo mau traveling pake low cost airline, ukuran tas harus bener diperhatikan deh..

Buat ngilangin bete dan membunuh waktu (sadis amat bu), dipesawat kami main ludo.(Fyi Bremen ke kota Marrakech ditempuh dengan waktu 3 jam 50 menit)


Kira2 jam 4 sore waktu setempat, pesawat kami alhamdulillah nyampe di marrakech, untuk masuk ke negara Maroko kita warga Indonesia punya privilege, karena gak perlu pake visa.(kalo WN lainnya aku gak tau, tapi kalo WN dari Benua Eropa kayaknya juga gak pake visa deh) Melihat banyak bayi & toddler, seorang petugas menunjuk satu loket pemeriksaan passport khusus untuk orangtua yang membawa bayi & todller etapi ya ampun maksud hati mau cepat koq jadi lammma,,berhubung petugas di loket itu agak2 lambreta meriksa dokumen bowww


Ini dia penampakan sebagian bandara Maroko, baru di renov, kalo baru turun dari pesawat, dari luar keliatan bandaranya kecil tapi begitu masuk ternyata gedeee banget, ada sebagian dari bangunan lama yang tetap dipertahankan.


Kelar urusan checking passport, kami menuju money changer  yang ada di dalam Bandara (Cuma ada 1, dan merupakan money changer resmi yang  dikelola khusus  oleh Bandara) Sesuai miss itin kami emang rencana nuker euro kami disini tapi sedikit aja, karena dapat info dari temen, money changer di luar ratenya lebih bagus. Setelah nukerin duit muka si papa berbunga-bunga. Dia bilang “mam aku jadi jutawan sekarang” hehehe.maklum aja,di Jerman kami  biasanya megang duit dalam kelipatan puluhan atau ratusan, disini jadinya ribuan..hehe.oh ya. Waktu itu 1 euro kami dituker dengan 10,4 dirham..


trus kami keluar, jemputan kami dari hotel udah menunggu,begitu melihat nama papa raihan yang dipegang di plang oleh seorang laki2,  kami gak langsung menuju orang itu, tapi difoto dulu (duh maapkeun kenorakan kami).

jemputan ini adalah bagian dari fasilitas hotel, tapi gak gratis, bayarnya 15 euro. kami sengaja pake ini, kan baru pertama, belum kenal “medan”

Dan….Ahlan wah sahlan..selamat datang di maroko..negeri Magribi...Kami disambut dengan sinar matahari yang begitu terik, padahal waktu itu udah jam 5 lewat. sekitar 10 menit di mobil, si abang supir itu turun di sebuah jalan kecil di area pasar/pertokoan sederhana gitu, aku pikir si abang mau beli rokok atau apa gitu. ternyata kami diturunkan disitu. oh ternyata kami sudah sampai…dijalan inilah lokasi hotel kami berada,nama jalannya Rue Riad Zitoun El Kedim



Begitu turun dari mobil, seorang laki2 datang mengangkut barang kami, jangan bayangkan bellboy layaknya dihotel pada umumnya dengan seragam rapi dan membawa dorong2an beroda buat ngangkut barang (apa sih namanya itu). tapi laki2 itu memang bukan bellboy, dia seorang buruh angkut. dan liat dengan apa barang kami diangkut ??? dengan gerobak besi tua ini. Si Bapak meminta bayaran 20 dirham atas jasanya ngangkut barang kami.


cuma butuh waktu sekitar 1.5 menit berjalan kaki dan sampailah kami di hotel Riad Nesma. Alhamdulillah..akhirnya sampe juga.Terik matahari & semrawutnya pasar diluar langsung berubah dengan suasana hotel yang sangat adem.raihan aja kesenangan begitu begitu nyampe di hotel (review hotelnya nyusul)


Setelah istirahat sebentar, kami jalan-jalan disekitar hotel buat liat2 situasi. Karena haus, kami  singgah di sebuah warung kecil buat minum es jeruk segar dan murni. sempat kaget waktu tau harganya, cuma 4 dirham,murahh banget, di Bremen mana dapet..habis itu nemu abang2 yang jualan aneka macam roti mini.dan tebak berapa harga rotinya? antara 1-2 dirham ajahhh.aku sebenarnya pengen beli banyak, tapi si papa ingetin,gak papa tuh mam makan roti di pinggir jalan gitu?? ah papa.kenapa tiba2 jadi Mister steril sih...asal Bismillah pap, insya Allah perutnya akan baik2 saja hehehe.


Setelah kenyang kami pun lanjut jalan lagi dan sekitar 10 menit jalan kaki dari hotel sampailah kami ke salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di kota Marrakech, namanya Jemaa Al Fna. semacam pasar malam gitu,mulai ramenya sih sejak sore hari tapi siang haripun  juga udah banyak yang gelar lapak. Seperti halnya pasar malam dimana-mana, aneka macam barang dan jasa di ada disini. kuliner maroko sudah pasti ada. yang paling banyak kami temuin antara lain atraksi ular kobra yang ditiup seruling, tukang sulap, tukang ramal, bahkan tukang cabut gigi manual juga ada. Pengen buat henna di tangan atau kaki?? disini pusatnya. pokoknya sagala aya deh. yang seru karena beberapa diantara mereka  mengenakan baju khas maroko. tentu hal ini menarik wisatawan.


kalau aku sih tertarik dengan atraksi pengamen jalanan yang tali topinya bisa muter2 itu loh..


Penampakannya Jemaa Al Fna itu seperti ini


Setelah puas melihat-lihat kamipun balik ke hotel setelah sebelumnya singgah makan malam disebuah restoran kecil di dekat hotel. Dan liburan  hari pertama kamipun berakhir. penuh kejutan.mulai dari kejutan yang tidak menyenangkan dari Ry*an A*r, sampai kejutan mengenai kota maroko yang unik. ahh gak sabar rasanya menunggu esok hari. karena pasti bakalan banyak kejutan..yah besok kami akan mulai berpetulang menuju SAHARA !!!

bersambung…..

2 thoughts on “Liburan hari pertama :Penuh kejutan !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s