ikan asin 7 juta

Salah satu agenda yang agak ribet waktu mau berangkat kesini adalah nyusun daftar barang-barang yang mau dibawa..mulai dari baju aku dan raihan, (untungnya coat dan jaket aku tinggalin disana waktu pergi pertama kali), mainan raihan, buku dan kosmetik aku,perlengkapan masak,bumbu masak sampe ransum buat beberapa minggu pertama.semuanyaaaa pengen dibawa

call me Mrs lebay. tapi kayaknya kemarin itu emang persiapannya heboh banget, abis pikirannya bawa ini aja ah, kali gak ada disana atau bawa itu ah, takutnya disana mahal dst dst.. jadi bayangin aja yah mulai dari “hardware” buat masak seperti  seperti blender, mixer,aneka macam cetakan kue, sutil,cobekan kayu, wajan happy call, rice cooker dan peralatan masak buat travelling, sampe  “softwarenya” Sebut deh semua bumbu masak yang ada,sampe dengan tepung2nya  juga aku bawa . belum lagi perlengkapan rumah kayak DVD, buat nontonnya raihan,seprai 2 pasang, taplak meja gede ama taplak meja kecil juga aku bawa., kosemetik aku (takut disana gak cocok), body lotion, lip balm, parfum,pelembab wajah, alas bedak, bedak, lulur, krim creambath, semuanya dalam jumlah dobel eh malah triple .udah selesai? belumm..ransum buat minggu2 pertama..kacang mete dikasih ama sodara (ini aja udah 4 kg lebih), ikan  teri  asam manis  dibuatin kakak, ikan asin kerapu dibeliin mama dan dikasih sodara ipar, kue  gula merah, semuanya di masukin.

 

itu semua belum termasuk baju dan jilbab aku, baju dan mainan raihan ditambah buku-buku aku..makanya pas acara ngepak2 barang mama aku sampe terheran-heran heheh. Walhasil setelah acara ngepak2 selesai, jadinya 2 koper gede, 2 kardus, 1 koper trunki raihan, 1 stroller ama 1 diaper back pack.. siap aku angkut ke jerman

Berhubung jatah bagasi terbatas per orang cuma dapet 30 kg, akhirnya aku beli timbangan buat mastiin berapa kg sih semua bawaanku. pas ditimbang koper gede aja udah 30 kg, koper satunya 25 kg, 2 kardus masing-masing 10 kg, kalo stroller,diaper back pack ama trunki gak keitung. jadi totalnya 75 kg.pyuh lebih 15 kg..akhirnya aku bongkar lagi, aku sortir lagi mana yang gak perlu aku bawa..pas ditmbang lagi totalnya jadi 70 kg..masih lebih 10 kg..aku gugling2 pengen tau berapa sih biaya kalo over bagasi, ada satu milis yang bilang katanya sekitar 40 USD per kg tapi katanya bisa dinego .

aku itung2 jadi mungkin kelebihan bagasi aku sekitar 3 juataan lebih, aku berharapppp sangat  bisa di nego sampe setengahnya maksimal 1.5 juta deh gak papa aku bayar..ooh ikan asin..ooh sutil mahal benar hargamu heheh

Tapi pas check in di bandara..mungkin timbangannya beda. total barang aku tetep 75 kg, berarti kelebihannya 15 kg, si mbak petugas counter nyuruh aku ketemu dengan supervisornya..akhirnya pergilah aku ketemu si bapak itu..

Bapak  : wah bagasi ibu lebih 15 kg nih..ibu harus bayar kelebihannya
aku       : waduh pak lebih yah hiks..hiks..(akting), aku harus bayar berapa?
Bapak  : biaya over bagasi perkilonya 70 USD dengan kurs sekitar 9 ribuan jadi ibu harus
bayar (sambil menghitung2) sekitar  7 juta
aku      : Wakkksss….saya gak punya uang segitu pak

si Bapak kemudian berjalan ke seseorang (kayaknya supervisornya juga), ngobrol2 bentar trus balik ke aku lagi

Bapak   : ehm..ibu punya uang berapa, kita bisa bantu koq.dia sebut deh itung2an yang sama
sama sekali udah gak bisa aku tangkep gara2 shock denger kata 7 juta..hmm kalo 5 juta ibu punya?
aku       : waduh pakkk..saya udah gak punya duit lagi (semakin memelas) bisa kurang lagi gak?

si Bapak kemudian jalan lagi ketempat supervisornya, ngobrol lagi trus balik ke aku lagi

Bapak   : ibu mau bayar brapa?bisa kita bantu
aku       : hiks pak..saya gak punya duit segitu banyak (kekeuh)..

akhirnya si Bapak ke supervisor lagi, ngobrol lagi, dan akhirnya supervisornya ngomong dengan suara keras “Ya sudah..sesuai ketentuan aja”

hiks..hikss..akhirnya aku tarik deh semua bagasiku, trus keluar ketemu mama dan kakak, untung dari rumah aku bawa kardus kosong dan lakban, aku bongkar lagi semua kardus itu dan bener2 milih banget (hiks sambil nangis)..selamat tinggal krim creambathku, selamat tinggal cetakan kueku, selamat tinggal sepatu olahrgaku.. yang aku utamain adalah mainan2 raihan,begitu juga dengan ransumku, karena ingat pesan suamiku yang katanya pengen banget makan ikan asin, akhirnya aku ambil 1 dus kecil ikan asin itu (istri sholehah)

Akhirnya aku menghadap counter lagi, kali ini dilayanin mas2 yang agak melambay..dia ngomong gini..ehmm ibu barang tadi semua dikeluarin yah.?barang apaan sih bu,? penting gak?sebenarnya kita bisa bantu koq,  ibu punya berapa sih sambil matanya berkedip ..aku udah lempeng aja..udah mas bawa yang ini aja.aku gak punya duit buat bayar..pas ditimbang masih kelebihan 3 kg..duh pengen nangis banget..mau ngurangin apa lagi..akhirnya si mas bilang.. yah udah deh bu.3 kg ini dibolehin tapi hand carry ibu gak boleh berat2 yah..

hiks akhirnya si trunki gak jadi aku bawa, takut dicegat lagi hiks..Malem itu di ruang tunggu, aku nangis..campur aduk deh rasanya, nangis karena sedih ninggalin mama dan keluarga, sedih pas abis pamitan sama Bapak lewat telepon, sedih juga karena ingat barang yang aku tinggal ..Tapi sudahlah semua ada hikmahnya..Alhamdulillah aku dan raihan tiba dan selamat, akhirnya bisa kumpul dengan papa.ikan asin tiba dengan selamat dan ternyata cobekan kayu juga ikut lolos heheh

tapi nangis lagi..begitu adik aku BBM.
adek aku : ka lulurnya kebawa gak?
aku            : gak tau tuh, aku belum periksa2 barang lagi, masih jet lag
adek aku : gak kebawa tauu..ini aku lagi luluran pake punya kamu
aku            : 

2 thoughts on “ikan asin 7 juta

  1. sangat berguna skali nie sharingnya…
    jd per org 30kg yaa..noted!
    btw tny dong…..pernah dikirimin paket ga dr indonesia?? Berapa kira2 tarif-nya?
    Thanks yaa🙂

Leave a Reply

