Es pisang ijo *sedikit gagal*

Dengan niat pengen nyenenengin suami yang kepengen makan  makanan tradisional aliyas makanan dari kampuang..Sejak sebelum kedatangannya aku udah  searching2 beberapa resep makanan dari Bugis-Makassar..dan satu diantaranya adalah Es pisang ijo..kebetulan waktu itu semua bahannya ada (kecuali pisang yang emang diniatin beli) dan jadilah minggu kemarin aku bereksperimen, resepnya nyomot sana sini dari internet..

Ini dia bahan2nya :

  • Pisang raja (kalo ditempatku namanya pisang manis)
  • Tepung beras
  • Garam
  • Pewarna makanan warna ijo
  • Air
  • Daun pandan/daun suji (aku gak pake karena gak punya)

Bahan sausnya :

  • Tepung terigu
  • Gula
  • Perwarna makanan warna ijo (aku gak pake soalnya biar warna pembungkus ama warna sausnya beda gitu)
  • Santan

Tambahan :

  • Sirop rasa kelapa
  • Susu
  • Batu es
  • Bisa juga tambahin kacang tanah goreng yang udah dicincang alus

Keterangan : kalo saya masak atau bikin kue, komposisi bahannya gak ngikutin resep.by feeling aja hehe

Cara bikinnya :

Campur tepung beras dengan garam, air serta pewarna makan. Aduk diatas api kecil hingga mendidih..Kalau udah agak dingin buat buletan trus pipihin seperti dadar..balut pisang hingga tertutup sempurna Rebus pisang..kurang lebih 25-30 menit

Cara bikin sausnya
Campur semua bahan..aduk diatas api kecil..kalo udah mendidih matiin deh

Cara penyajian :
Pisang dulu—saus—batu es—sirop—susu

Silahkan menikmati

Behind the scene :

Gak tau kenapa pas aku rebus pissangnya. Si kulit pisang malah lepas dari pisangnya hoaaaaaaaaa ..ini dia penampakannya

Tapi gak papa deh walaupun bentuknya jadi aneh..tapi rasanya enak lohhhhhhh (serius ini beneran enak bukan karena aku yang bikin hehehe)

One thought on “Es pisang ijo *sedikit gagal*

Leave a Reply

