Terima Raport!!!

Dikantorku penilaian kinerja tahunan biasanya baru kelar di triwulan pertama tahun berikutnya., jadi penilaian tahun 2009 kemarin baru akan ketahuan di akhir bulan Maret 2010, dan meski di bulan maret kemarin hasil penilaiannya udah kami terima via HCMS (jurnal online pribadi masing-masing pegawai) tapi raport benerannya baru kami terima 2 hari yang lalu dan tarangagggggggggggggggg inilah rapor saya di tahuan 2009

Mau cerita dikit nih, biasanya kalo masa2 penilaian gini, suasana kantor agak kurang kondusif *halah bahasannya* karena apa??yah gitu deh, hasil penilaian ini gak akan bisa memuaskan semua pegawai..as human being,  siapa sih yang gak pengen dapat nilai bagus apalagi kalo kita merasa sudah mengerjakan apa yang menjadi tugas kita dengan baik (baca :semua target yang diberikan tercapai), udah gitu hasil penilaian akan berkaitan langsung dengan remunerasi dan beberapa fasilitas lainnya…jadi jelaslah kenapa urusan penilaian ini bisa menjadi issue sensitif di kantor (maaf ya sodara2 bahasa saya agak serius kali ini heheh)

Di sisi lain, urusan penilaian ini adalah menjadi PR besar buat big boss, karena dia yang akan menentukan siapa-siapa aja pegawai yang akan dapat nilai sangat memuaskan, memuaskan, baik,cukup, atau kurang,sesuai dengan kuota yang diberikan oleh Kantor pusat . Tahun ini ,sesuai dengan kinerja cabang keseluruhan, cabang kami dapat “jatah” 12 orang yang mendapat nilai memuaskan (FYI : nilai sangat memuaskan jaranggggggg banget dikeluarkan). So pusing tujuh kelilinglah si boss, karena ditangan dialah keputusan akhir untuk menentukan siapa  yang mendapat penilaian apa dst dst. Versi saya , dalam hati kecilnya si boss mungkin bilang kalo bisa, dari 90 orang pegawai yang ada, akan aku kasih nilai memuaskan semua deh..but .i cant pleasure everybody.. maapkan daku yah para staffkuw (sorry kata-katanya  agak lebay karena ini pemikiran boss versi saya  heheh )

Well kalau saya pribadi (bukan karena tahun ini saya dapat penilaian memuaskan loh yah), sejak awal saya bekerja saya sudah memutuskan untuk tidak mementingkan hal-hal seperti ini. Bagi saya yang utama adalah kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan  perusahaan. Masalah penilaian saya tidak mau ambil pusing, karena buat saya (sekali lagi ini buat saya yah) masalah penilaian adalah masalah rezeki, dan rezeki tidak tergantung pada boss. Rezeki sudah menjadi ketentuan sang pemilik hidup, ketika kita merasa sudah bekerja dengan benar, apapun hasilnya (walaupun mungkin gak sesuai dengan harapan kita) berarti sudah itulah rezeki yang diberikan oleh Allah kepada kita.. Percaya deh.. yang namanya rezek tidak akan tertukar.. Allah Maha Mengetahui apa-apa yang teerbaik untuk umatnya..

Dan ketika tahun ini saya mendapat nilai memuaskan, doa saya Cuma satu bahwa semoga memang benar saya layak mendapatkan penilaian ini, dan insya allah ini halal buat saya dan keluarga saya…amin

4 thoughts on “Terima Raport!!!

  1. selamat ya mbak,, iya saya jg februari dapet review semesteran dari kantor n hasilnya di luar dugaan ternyata bagus🙂
    pdhl semester kmrn kan hamil n cuti melahirkan gitu..
    mgkn kalo kita kerjanya ikhlas tadinya kita ga terlalu mikirin apa penilain bos ya mbak jadinya santai. Dan begitu dapet hasilnya alhamdulillah banget🙂

Leave a Reply

