Kenalan dengan si Mulia Yukk

Kalau kemarin aku cerita tentang Miss Reksadana yang cantik jelita sekarang aku pengen cerita tentang si Nona Mulia yang gak kalah wokeh..tapi sebelum lanjut aku pengen bilang..kalo aku sharing hal2 kayak beginian gak ada maksud apa2 yah, sama sekali gak ada maksud riya/pamer (Naudzubilah mindzallik), aku murni pengen sharing, karena aku pribadi udah ngerasain manfaatnya sharing berbagai hal positif, salah satunya tentang pengelolan keuangan keluarga muda  seperti eike..

Beberapa waktu yang lalu, alis kakak saya sedikit berkerut ketika saya minta dianterin ke kantor pegadaian,” kamu ngapain ke pegadaian??” begitu katanya dengan tatapan aneh..saya cum senyum, heheh kakak saya ini belum tau yah kalau orang ke pegadaian gak melulu pengen menggadaikan barang, tapi disana ada si cantik mulia, investasi emas yang sayang buat dilewatkan

Udah pada tau pasti kalo emas merupakan salah atu alternatif  investasi yang menguntungkan karena nilai emas kecenderunggann akan selalu naik dan nilai likuiditasnya tinggi. Kalau mau investasi emas ada beberapa pilihannya, yang pertama emas dalam bentuk batangan..hmm untuk yang ini kayaknya daku belum bisa menjangkaunya hiks,soalnya belum punya gudang uang kayak Paman Gober hehehe,.pilihan yang kedua adalah emas perhiasan, dari artikel yang aku baca, investasi dalam bentuk emas perhiasan kurang disarankan. Kenapa ?? karena jika kita beli emas perhiasaan harganya jauh lebih mahal dibanding dengan emas batangan  atau  koin karena ada ongkos pembuatannya udah gitu kalo dipake tiap hari si emas bisa susut (CMIIW yah)..nah yang ketiga adalah investasi dalam bentuk koin emas..

Investasi dalam bentuk koin emas ini yang menarik buat aku, karena gak perlu  modal terlalu gede untuk mulai berinvestasi,ada beberapa pilihan sesuai dengan kemampuan kita..mulai dari koin 5 ,10,,25,50 s/d 100 gram. Kayak misalnya kemarin aku dapat arisan dikantor..daripada duitnya abis gak ketauan rimbanya,.aku beliin deh koin emas 5 gram..Trus asiknya lagi, koin emas ini bisa dicicil loh….kalo misalnya duit kita gak cukup buat beli langsung koin emas 5 gram (misalnya)..kita bisa nyicil koq, Cuma bayar uang mukanya aja..
Ini dia ilustrasinya…
Harga emas 5 gram Rp 1.668.500, margin pegadaian Rp 100.110 (besarnya margin ditentukan oleh pegadaian syariah tergantung jangka waktu cicilan kita) jadi total harga emas = Rp 1.768.610..
Trus uang muka  25 % = Rp 442.153, ongkos kirim emas (dari PT.Antam ke Kantor Pegadaian) Rp 10.504, biaya admnistrasi Rp 50.000 Total Rp 502.657..
Jadi selisihnya Rp.1.768.610 dikurangin dengan Rp 502.657. = Rp 1.326.457..jumalh itu lah yang akan kita cicil selama 6 bulan, (Rp 221.076/bulan)..gak berasa loh..dengan nyisihin duit keluarga yang idle (emang pernah ada yang idle hehe)..dalam jangka waktu 6 bulan kita udah bisa punya emas 5 gram.

Jangan kahwatir soal keasliannya..koin emas ini dilengkapi dengan sertifikat resmi dari PT.Antam yang menujukkan keaslian & kadar koin emas tsb..hmm satu hal yang menjadi kendala kalo mau investasi emas adalah tempat penyimpananannya,tapi jangan khawatir,,kan di Bank2 banyak yang nawarin fasilitas safe deposit box (SDB)., ongkos sewanya gak mahal koq, tergantung besar kecilnya “laci” yang kita sewa, harga sewanya mulai dari Rp 300 ribuan/tahun plus jaminan uang kunci yang akan dikembalikan kalo masa sewa berakhir…N lucky for me..karena aku pegawe di tempat yang nyewain SDB,,aku dapat diskon 50% kalo mau nywa SDB..horayyyyyyy.,,

Ilustrasi penambah semangat..diambil dari sini..

So tunggu lagi…ayoo ke pegadaian (hmm ..mestinya Perum Pegadaian ngasih fee buat saya yah..cos udah ngiklanin  produknya heheh)

18 thoughts on “Kenalan dengan si Mulia Yukk

  1. katanya selain di Pegadaian bisa beli langsung di PT Antam, di divisi logam mulia..kalo kita beli dipegadaian..nanti pegadaian yang order ke antam. kita dikenain ongkos kirim, kurang lebih 10 hari kerja kalo gak salah inget sih…

    btw bikin liputan tetang ayam goreng sulawesi donk…lagi pengennnnnnnnnnnnn

  2. mama raihan, makasih ya infonya… cupu nih aku baru tau ada koin emas hehehe
    sebelumnya taunya cuma emas batangan yang rasanya belum sanggup beli emas batangan deh. ternyata koin juga ada ya. di seluruh kantor pegadaian bisa ay, baik pegadaian biasa atopun syariah? sekarang ini aku liat banyak banget kantor pegadaian kecil2 gitu, bahkan di depan komplekku juga ada. kalo kantor pegadaian kecil gitu juga bisa?
    mbak aku boleh ya kapan2 tanya2 mslh investasi dan reksadana. agak2 masih bingung soal reksadana nih…
    makasih infonya mama raihan…🙂

    • hehee..sama aku juga belum lama tau koq mbak..taunya juga pas liat iklan di koran..setahuku dulu yang jualan mulia cuma pegadaian syariah tapi kayaknya sekaang yang konvensional juga mulai ikutan jualan
      mau nanya2 tentang reksadana???hehehhe..aku mah bergurunya sama mbak darina kamil, mama ZK…dia tuh “suhu” hehehe^_^

  3. Maksudku kalo pesen di Antam yang di Makassar bisa ga ya? Soalnya yang terkenal divisi logam mulia kan adanya cuman di Pulogadung, jakarta Timur. Tau ga mbak kalo di Mks? Pegadaian di Mks di mana juga yak?

    • kalo ke Antamnya langsung aku kurang tau mbak wina..kalo pegadaian di Makassar kalo gak salah inget alamatnya di Jl A.Mapanyyukki..gak jah dari rumah makan ulu juku,,ingatanku gak2 jauh2 dari tempat makan hehehe

  4. FYI mba…emas batangan tidak semuanya berukuran besar kok. Kalo di Antam mereka jual dari ukuran 1, 2, 2.5, 3, 5 sampai dengan 1000 gr.

  5. Salam kenal kembali mama raihan.

    klo aq stop utk bahas invesatsi d blog jg dg alasan yg sama : takut Riya’😀 .. tpi aq seneng ngikutin & baca2 investasi para ibuk2 muda

    Wooow, ada alternatif baru nih, invest emas… cuma ilustrasi keuntungan ke depan gmn? klo aq udah terbuai sama RD (jangka pjg) & saham bwt main2 :p dan hasilnya jelas! … boleh dong Siz tar di review lg🙂

    Ok, tar aq link balik deh yaaa

  6. halo mbak, salam kenal dr Palembang ..wow ternyata investasi emas ada yang berupa koin juga ya..aku mo nanya ah ke pegadaian dekat rumah he..he..btw nanti kalo mo jual ke mana ya mbak ? ke toko emas? kayak jual perhiasan gitu yah ? sorry nanya2 bnyak ..trims

    • bunda kimi met kenal yah..terima kasih udah mampir..menurut orang pegadaian, katanya kalo mau dijual lagi, pegadaian siap nerima koq ato bisa juga dijual di toko2 perhiasan..kan ada sertifikatnya..
      btw aku link yah blognya…

  7. Wah dah start duluan nih good…aku dah ulas sih ttg investasi emas di blog cuman belom ada dana buat belinya…klo aku tertarik program yang beli ngecer (1-2gr/bulan) trus klo dah 10gr baru dicetak yah menyesuaikan duit juga siy🙂. Met berinvestasi

Leave a Reply

