I WANT MY BODY BACK

Kali ini saya pengen cerita kilas balik Kaledoskop berat badan saya

Tahun 98 kelas 3  sma..12 tahun yang lalu..
Saya mengerti makna kata “diet” tapi saya masih terheran2 ketika waktu itu ketika salah seorang teman saya sangat membatasi asupan makanan didalam tubuhnya dengan alasan diet…bagi dia pantang makan 2 biji korket/lumpia di jam isitrahat karena menurutya  hal itu akan membuat jarum timbangan semakin condong kekanan.. sama sekali tidak terpikirkan hal2 seperti itu dipikiran saya waktu itu, bagi saya kalo saya makan kroket 2 ato 5 biji 5 biji diwaktu istirahat gak ada bedanya ..eh ada dink..kalo makna 5 biji  berarti saya harus siap pulang jalan kaki karena uang angkot dipake buat jajan hehehe

Antara tahun 98 – 2002..masa2 kuliah :

  • Seorang teman saya yang super  jail, memanggil saya dengan sebutan “tripleks” , katanya badan saya tipis,kurus,datar gak ada lekuk2nya sama sekali
  • Saya mulai sedikit merasa sedikit tidak pede dengan bentuk badan saya yang kurus, timbangan saya masih berkisar diantara 43-45 kg. dan ssst I’ll tell u the secret, untuk mengakalinya.setiap ke kampus..sebelum memakai jeans..saya memakai 2 ato 3 lapis celana short biar keliatan lebih berisi hahahaha..
  • Saya baca artikel di majalah, katanya air buat menanak nasi (air tajin) bisa bikin  badan gemuk. Alhasil setiap ART ato kakak memasak saya selalu nitip disisain air tajin (bweeeeeeehh ..trust me, rasanya gak enak)
  • Setelah liburan semester IV berakhir, saya ddatang ke kampus dengan perasaan bangga dan tatapan heran teman2 saya..you know what? berat badan saya akhirnya bertambah juga..karena selama liburan saya minum jamu  penambah berat badan it really works for me..Belakang baru saya ketahui kalo jamu2an seperti itu sangat tidak disarankan, belum ketahuan juga jamu itu asli ato palsu plus efeknya yang gak bagus buat tubuh..(padahal waktu itu saya bangga banget dengan kegemukan saya)

Tahun 2003-2007..masa2 kantoran

  • Karena udah bisa nyari duit sendiri, acara makan2 semakin lancar aja..jadi ingat kebiasaan saya berdua dengan teman saya (lia) sepulang kantor kita nongkrong di reso steak favorit kita..1 chicken steak plus tambahan French fries juga kadang2 ditambah dengan burgeR plus jus sirsak jadi menu andalan kami waktu itu.sama sekali tidak ada kehawatiran soal berat badan karena tipikal badan kami sama…kurus..

  • Berat badan saya berada didaerah aman 45-48 kg
  • Saya menolak tawaran teman2 sekantor (cabang kendari) untuk ikut kelas aerobic rame2 sepulang kantor..*sombong*
  • Ketika pindnah tugas ke Makkassar. Dikantor saya waktu itu ada 8 orang perempuan, dan saya yang paling muda, beberapa teman sering blang “aduh amnah kamu enak banget..makannya banyak tapi blazer masih ukuran “s”..seorang temen saya, ibu2 beranak 3 bilang..”sebelum nikah badan saya juga kecil kayak kamu malah lebih kurus loh”
  • 2 tahun jadi anak kos di makassar..menyebabkan saya setiap malam plus wiken selalu makan diluar..selain meguras dompet kebaisaan ini juga memberikan kontirusi pada berat badan saya yang semakin hari menunjukkan pertambahan
  • Awal tahun 2007 dengan alasan stress ngurus pernak-pernik penikahan, jarum timbangan saya juga ikut naik..timbangan mulai merangkak naik (menyentuh angka 50)
  • 2 bulan sebelum akad nikah.akhirnya saya mengikuti kelas aerobic (pengen tampil cihuy donk di pelaminan)

September 2007

2 bulan setelah nikah..alhamdulillah embrio raihan usah ada di rahim saya (thanks God)

Mei 2008

euphoria kehamilan (apalagi anak pertama) menyebabkan saya merasa bebas2 aja pengen makan apa saja dengan porsi suka2 saya…seminggu sebelum ngelahirin raihantimbangan saya menyetuh jarum 69.7 kg..(wow waktu itu kalo jalan berdua misua,saya seperti bodyguardnya dia hehe)

Oktober 2008

Meskipun berat badan saya sudah berkurang namun angka ideal masih jauh dari jangkauan….apalagi raihan aku kasih asi ekslusif..aku belum boleh diet..(kabar baiknya..dengan menyusui katanya akan membantu penurunan berat badan secara alami..amin).

Januari 2009

Raihan sudah dua bulanan  dapat MPASI. Ini saatnya saya mulai berdiet..setalah gugling sana sini, saya membeli 1 set korset yang katanya dialiri infra merah..alhamdulillah korset ini cukup membantu loh, nafsu makan saya gak “seganas” biasanya…pake korset ini setiap hari (selama jam kantor) selain membuat badan saya tegak seperti putri keraton juga berhasil menurunkan berat badan saya..hampir gak percaya..beberapa blazer kantor ukuran S saya udah bisa dipake kembali..berat badan antara 53-54 Kg.

Maret-agustus 2009

Berasa kepedeaan, karena dengan korset saja berat badan saya bisa turun, saya sanagat malas berolahraga, ajakan teman buat main badminton, tennis,ikut kelas aerobic sampe golf (berhubung ada instruktur gratis di kantor) saya tolak..dengan alasan..kalau sabtu minggu waktu buat raihan..padahal alasan sebenarnya adalah MALAS

September-Oktober 2009

Pesta makanan sehabis lebaran dilanjut liburan ke eropa dimana cuaca dingin bikin saya merasa lapar terus (alesan) dan oh Tuhan selama disana saya tidak kuasa menolak rayuan coklat2 beraneka ragam & bentuk yang seakan2 memanggil2 saya..camilan rutin saya adalah si Bounty “coklat kelapa” seharga 0.89 euro berisi 5 biji bunderan coklat yang uenakkkkkkkkkkkkk banget….alhasil pulang dari liburan timbangan saya mencapai angka 57 hikssssssssssss

Desember 2009

Ini saatnya melakukan PERUBAHAN…saya harus melakukan sesuatu. Saya mungkin bisa berdiet tapi itu gak akan berhasil kalo gak dimbangi dengan olahraga, akhirnya pas jalan2 ke mall saya beli kaset VCD senamnya Berty Tilarso yang bajakan..dengan alasan pengen olahrga  dirumah aja,biar gak usah ninggalin raihan, baru 4 kali dipake si kaset sudah mogok gak bisa diputer (siapa suruh beli bajakan), trus say baca majalah Mother & baby yang covernya Nova Eliza, katanya dengan pilates membantu dia menurunkan berat badannya..

Berhubung gak ada kelas pilates disini akhirnya saya ke gramedia beli VCD pilates (kali ini gak mau beli yang bajakan). dan akhirnya kaset ini saya beli..

pas liat coverrnya, ada tulisan Pilates Volume 1, saya pikir saya beli dulu nih satu kasetnya, ntar kalo udah bosen gaya yang ada di volume 1 ntar beli lagi yang volume 2 dst. Tiba di rumah saya gak sabar untuk segera mempraktekan gerakan pilates itu..TAPI oh lala ternyata si kaset volume 1 ini isinya hanya bagian pemanasan saja..jadi kalo mau lanjut terus sampe latihan inti dan coolling down harus beli kasetnya lengkap 4 volume bwahahaha… akhirnya saya ke gramed lagi dan apesnya ternyata di Gramed sana Cuma jual kasetnya sampe volume 2 saja..kayaknya saya harus say god bye nih dengan pilates hikss..

Januari 2010

Akhirnya saya ikut kelas aerobik di salah satu pusat kebugaran yang ada disini, saya Cuma ikut kelas seminggu sekali tiap sabtu pagi..minggu ini udah minggu ke4 saya ikut latihan..saya semangat ikut latihan ini, abis berasa badan jadi seger gak loyo seperti biasanya..alhamdulilah kemarin nimbang berat badan udah turun 1 kg. jadi 56 Kg..ayo semangat..3 Kg more to go..DOAIN SAYA YA…

* gambar steak yummy saya ambil disini
** gambar korset ambilnya dari sini

6 thoughts on “I WANT MY BODY BACK

  1. halo mama raihan… mama kyara berkunjung balik nih )
    wah baca postingan tentang berat badan bikin jadi inget kaledoskop BB ku juga nih.
    Dan sampe sekarang masih terus berjuang untuk back to normal hiks…
    Padahal waktu hamil naiknya cuma 9kg dan dalam 2 bulan udah turun 7kg, sisa 2kg lagi tapi gak masalah lah udah oke. Tapi sehabis lebaran kemarin gak tau gimana ceritanya dalam sebulan tau2 naik 5kg hiks dan skrg BBnya jadi hampir menyamai BB waktu hamil deh. Bener2 gara2 makanan lebaran nih. oiya, envy nya knp nggak diterusin? aku rencana mau beli juga tadinya, tp masih ragu. Saling berbagi tips menurunkan BB ya mama raihan🙂

  2. hai mama kyara..terima kasih yah mau maen2 kesini..
    iya nih..aku lagi berjuang buat nurunin 3 kilo lagi..bisa gak yah??hihiihih
    aku masih pake envy tapi kayaknya udah gak terlalu berkhasiat lagi *menurutku yah*
    sekarang pengen olahraga ajah..jiahhhhhhhh
    hayooo..kalo ada tips rahasianya bagi2 yah ^_^

  3. Bisa²…pasti bisa. Itu juga pas km pake korset mungkin memang udah niat dalam hati dan yakin bisa kurus. Jadi dee ideal. Makanya balik ke kita-nya. Kalo disiplin dan yakin. Pasti bisa dee. Dan, tampaknya itu jd kyk BB Yo-Yo yah? Menyebalkan klo udah turun BB-nya, eh gak lama naek lagi wlopun cm 3kilo. Syebal yah? Oh btw emang tinggi badannya brapa dulu? Kyknya msh ideal aja dee. Kalo Aku 160. BB 58…blm pny anak pulak. yeahh senasib dee. hiks😦

  4. iya nih mbak winda..mudah2an bisa turun lagi..tapi kali ini pengen SERIUS olahraga..jiahhhhhh hehehe… aku 159 sekarang berat 56 kg..tapi kayaknya turun lagi deh cos 2 minggu ART pulang belum balik hiks (loh koq malah curhat hehehehe

    • Tapi, sebnrnya segitu udah sedeng kok, cuma kudu dijaga n diatur aja pola makannya. Olahraga jgn tlalu diforsir bgt. Semangat !

Leave a Reply

