Bismillah..Our first Reksadana

Setelah proses pencarian panjang *lebay* akhirnya kami memutuskan memilih reksadana sebagai persiapan dana pendidikan buat raihan. Sebenarnya sih kami sudah  punya tabungan pendidikan, papa raihan buka account ini  satu bulan setelah kami menikah, sedangkan saya? Saya sudah punya tabungan pendididkan anak, jauh sebelum saya punya calon suami hehehe…

Seperti yang Mrs.Hananto bilang, kalau cuma ngadelin tabungan pendidikan saja, gak bakalan kekejar nanti  buat biaya sekolah raihan, tau sendiri kan mahluk yang bernama inflasi itu akan merangkak terus..

Dulu hampir saja saya Terjebak (halah) membeli unit link tapi setelah guglig & gugling again, akhirnya  unit link kami coret dalam daftar pilihan investasi..kenapa demikian ???coba deh baca tulisan Mbak wina disini

Saya pernah coba itung dengan make rumusnya mbak wina dan ternyata untuk biaya S1 raihan nanti bisa mencapai angka ember2an *mo pengsan*.. makanya KUDU,MUSTI,WAJIB dipersiapkan dari sekarang..kalo ngomongin masalah financial planning,  saya lebih suka searching di internet, dan rajin blog walking ke family blog, abis kalo sharing ma temen2 kantor rasanya gak seru, dulu saya pernah ngomong sama temen2 kantorku yang punya anak seumuran raihan “ eh  ntar kalo anak2 kita kuliah nanti, 15-18 tahun kemudian, .biayanya bisa sampe ember2an loh.” Satu orang teman saya menanggapi dengan bilang “ah masa sih..gak segitunya kali” ..Hmm..orang ini apa gak ngeh sih ama yang namanya inflasi..inget gak lagu abang tukang bakso yang dinyanyiin Melisa di tahun 90an, waktu itu harga 1 mangkuk bakso Cuma 200 perak, dan saat ini +/.- 20 tahun kemudian, kita bisa maem bakso dengan ngeluarin duit RP 7.000-Rp 10.000 perak..jadi bisa diitung kan berapa ribu persen kenaikannya.-
Sedangkan temen saya yang lain dengan santai menjawab “.tenang bu santai saja..masing2 anak ntar ada ada rejekinya koq.”.GUBRAK..no coment..no..coment

Akhirnya 2 minggu lalu reksadana pertama saya beli via bank M***i. .Terus terang saya belum terlalu ngerti banget banget tentang reksadana tapi dari beberapa referensi yang saya baca, katanya kalau untuk tujuan jangka panjang, bagusnya milih reksadana campuran atau saham..akhirnya pilihan saya jatuh pada reksadana campuran dengan PT MMI sebagai manajer investasinya dengan pilihan reksdana syariah (insya allah halallan tayyiban). Oh ya untuk reksadana ini pembelian awal minimum 1 juta, dan untuk pembelian berikutnya bisa dibeli dengan beberapa ratus ribu rupiah, dan asyiknya lagi ada sistem installmen plan, yang menerapakan system autodebet dari rekening untuk pembelian reksadana tiap bulan (tanggalnya sesuai pilhan kita) jadi gak perlu repot2 ke bank lagi

Kemarin siang aku dapet  siang ini aku udah terima konfirmasinya..alhamdulillah mudah2an semuanya lancar2 hingaga kami bisa menyekolahkan raihan sampai S1, kalau S2 & S3nya?? cari beasiwa donk nak..jangan mau kalah sama papa heheh

Well berhubung masih awal tahun saatnya bikin melakukan chek up keuangan keluarga

  • Dana pendidikan = udah ada reksadana & tabungan pendidikan
  • Dana pensiun = udah ada tapi belum optimal (masih bergantung sama subsdi dari kantor)
  • Dana liburan = ini yang penting, karena insya allah akhir tahun aku & raihan pengen ngunjugin papa raihan lagi, pengen main salju *norak* dan tahun ini raihan udah 2 tahun berarti harus beli tiket sendiri, gak bisa pake tiket Infant lagi hiks
  • Dana darurat = menurut mbak winia, keluarga dengan 1 anak seperti kami idealnya harus menyiapkan dana darurat antara 8-12x pengeluran rutin bulanan
  • Next taget : term life inusurance

Ooh lala sekarang saya ngerti gimana puyengnya ibu Sri Mulyani, yang ngurusuin keuangan negara, saya aja yang menteri keuangan keluarga, yang penduduknya baru 3 orang sudah puyeng hehehe..

ps gambarnya diambil dari sini
ini blog yang paling sering aku kunjungin kalo nyari info tentang perencanan keuangan keluarga. Untuk urusan satu ini,Mrs.Darina Kamil emang paling TOB..tararengkyu yah mom

5 thoughts on “Bismillah..Our first Reksadana

  1. haduh aku jadi malu.. pdhl masih buta banget soal reksadana nih jeng.. kmrn suamiku baru cairin RD sahamnya.. untung sekitar 200rban dalam 6 bulan sih.. aku ngga ngerti juga itu termasuk optimal gak yah.. kita sharing2 n sama-sama belajar ya. semangat!
    btw aku salut bgt sebelum nikah udah bikin tabungan pendidikan, aku mah sebelum kawin mana kepikir.. hura-hura melulu.. hihihihihi… *tobat*

  2. mmhhh gitu ya …kalo asuransi pendidikan gmn ?? ato masih lebih aman dan menguntungkan reksa dana ?? hihihih maaf yaa malah nambah nanya2😀

    btw boleh tukeran link yaaa

  3. salam kenal buat keluarga Hawis
    sekedar berbagi,
    kebetulan saya ikutan di portalreksadana dan banyak informasi menarik terkait reksadana.
    lalu akibat keisengan saya terhadap excel, saya coba2 bikin spreadsheet untuk simulasi reksadana untuk perencanaan pendidikan anak.
    Jadi ijinkan saya berbagi link komen saya di portalreksadana:
    http://portalreksadana.com/node/214#comment-7264

    trus kalo mau langsung download spreadsheet excel saya ada di:
    http://www.ziddu.com/download/8875032/SkoLaPlanV10rev0803.xls.html

    Begitu aja dulu dhe…
    Salam sukses buat keluarga Hawis

    Wass

    Zhoi

Leave a Reply

