AYO SEKOLAH !!!

Selama hampir sebulan saya + raihan di Bremen, papa raihan ngambil cuti,dia gak ke kampus & ngelab. Semua waktunya dihabiskan dengan raihan & saya, sang belahan jiwa *cie cie*

Di minggu kedua saya disana, papa raihan mengajak saya jalan2 ke kampusnya..biar mama bisa ngeliat suasana di kampus, begitu kata papa raihan dan sekalian juga  ngenalin kampus  ke raihan.dengan harapan Insya Allah raihan nanti bisa kuliah disana juga.Amin  

Jarak dari  rumah ke kampus papa raihan (Uni Bremen) memakan waktu +/- 45 menit dan harus 2 kali ganti bus..lumayan jauh juga sih..makanya semester depan papa raihan rencana mau nyari tempat kos yang agak2 dekat kampus..biar gak tua dijalan hehehe

Kebetulan waktu itu hari minggu, jadi pas nyampe kesana suasananya lenggang banget gak ada aktifitas apapun, meskipun gak ada petugas tapi kita bisa masuk karena setiap mahasiswa Phd diberikan keypass dengan tujuan biar mereka bisa kapan saja masuk ke gedung laboratorium UFT apa UTF yah (maaf lupa namanya hehe)

Gedung laboratorium papa raihan ada 3 tingkat..terbagi atas ruang2an kecil..Disetiap Pintu tepasang Papan Nama penghuni Lab beserta bidang penelitian masing2..Dari sekian  nama2 yang terpasang di pintu semuanya nama2 bule sampe akhirnya saya menemukan 1 ruangan dengan nama asia yang sangat familiar dengan saya yaitu nama papa raihan heheeh..papa raihan menempati ruangan 1590 yang sebelumnya dipake oleh rekannya Jane timm yang udah lulus duluan ..dan inilah dia ruangan laboratorium papa raihan (note-setiap mahasiswa PHD diberikan masing 1 lab sendiri)

Di Lab inilah papa raihan menghabiskan waktunya selama 1 tahun terakhir (dan insya Allah 2 tahun kedepan)..Pas di lab saya baru tau alasan pasti kenapa papa raihan ngajak saya ke sini, katanya biar tau situasi lab jadi mama jangan suka ngambek lagi yah kalau mama Nge-buzz papa di YM dan gak dibalas2 berarti papa lagi berkutat disini..hehehe

Oh ya ngomong2 tentang biaya sekolah,  beruntung banget rasanya papa raihan kuliah disini..soalnya kalo dibandingin dengan teman kami yang juliah di Amsterdam..jauh banget perbedaannya

  • Di Bremen, pelajar punya fasilitas semester ticket, kartu sakti yang bisa dipake para pelajar untuk menggunakan transportasi apapun (bus,trem ato kereta) di Bremen sampai dengan Hamburg..Semester ticket ini bisa kita dapetin hanya dengan 40 euro dan itu berlaku untuk 1 semester (sebagai perbandingan, tarif normal angkutan umum di Bremen untuk 1 bulan adalah 44 euro)..sedangkan teman saya di Amsterdam harus mengeluarkan 2.8 euro setiap kali menggunakan transportasi umum dan itu hanya berlaku 1 jam (itung sendiri deh berapa pengeluaran pelajar di Amsterdam hanya untuk ongkos angkot).
  • Hanya dengan3-4 euro, udah bisa makan lengkap di kantin kampus (mensa) Uni Bremen, sedangkan di Amsterdam sekali makan minimal 6-7 euro
  • Di Bremen..dengan 325 euro pelajar udah dapat flat dengan fasilitas super lengkap, sedangkan di Amsterdam duit 300 euro Cuma dapat kamar tok, (gak termasuk dapur & kamar mandi)

Cuma yang bikin ngiri..karena di Amsterdam ada perpustakaan/bibliotheek yang kerennnnnnnnnnnn banget (udah liat kan foto2nya)

Kembali ke Lab (tanpa top) papa raihan, sepulang dari sana..saya baru sadar (selama ini pingsan hehe) bahwa Papa raihan ada disini punya tujuan yang sangat mulia..untuk belajar..mencari ilmu..jadi saya harus mensupport dia dengan segenap hati. saya berjanji dalam hati (cie) kalo saya gak boleh egois lagi..gak boleh ngambek hanya karena YM gak di cepat2 dibalas kalo papa raihan lagi di Lab,..Saya harus ikhlas kalo acara ngobrolnya Cuma bisa dilakukan disela2 Proses Ekstraksi & PCR Sampel..saya gak boleh cemburu kalo intensitas email2an saya dengan papa raihan masih kalah dengan intensitas dia berkomunikasi dengan Marc..sang professor..hahahaha

Suamiku sayang..selamat belajar yah..tuntutlah ilmu setinggi bintang dilangit..gapai cita2mu..raih mimpimu..terus berjuang sayang..Jangan khawatir,karna Semua doa,dukungan & cinta mama selalu untuk papa..dan bergembiralah..karena Allah telah berjanji akan meninggikan derajat bagi orang2 yang beriman & berlimu.semoga ilmu papa bisa bermanfaat untuk orang lain dan papa tetap rendah hati..Amin

Cayooooooooooooo. Papa..Semangat yah…Ekstraksi lagi..PCR lagi..hahaha

PS : ada UFO loh di UNI Bremen (ini gedung science center)

ini papa raihan yang motret (sempat masuk koran KOMPAS loh)

One thought on “AYO SEKOLAH !!!

Leave a Reply

