Permisi..raihan mau nyebrang…

Kalau didunia bisnis ada istilah pembeli adalah raja,di Jerman lain lagi…disini berlaku banget aturan “Pejalan kaki adalah Raja”. Pengemudi kendaraan di jerman sangat menghormati pejalan kaki. Katanya sih (ini katanya yah) ada survey yang menyatakan bahwa tingkat kecelakaan  kendaraan bermotor di jerman sangat kecil, karena kepatuhan pengendaranya. Bukan tanpa sebab sih sebenarnya, karena punishment yang diterapkan juga lumayan berat jika pengendara terbukti ugal2an ato menabrak di jalan, Surat ijin Mengemudinya bakal dibekukan selama setahun..makanya daripada SIMnya ditarik mending safety drive aja deh..

Hari-hari pertama disana, karena masih kagok terkadang aku agak ragu2 kalau mau nyebrang jalan.Tapi papa raihan bilang gak usah takut, kalo ada zebra cross trus gak ada lampu merahnya, pengemudi pasti otomatis akan berhenti kalau melihat kita akan menyebrang. Dan ternyata benar..begitu melihat aku mau  nyebrang gak peduli mobilnya BMW,MERCY atau AUDI pasti akan brenti dan mempersilahkan aku untuk nyebrang..Tuh bener kan Pejalan Kaki adalah Raja heheh…

Oh iya di beberapa pojokan zebra cross ada alat seperti ini gambar di disamping ini, jadi kalau kita mau nyebrang tinggal mencet bagian bawah dari alat ini..Kalau gak ada yang mencet, lampu merah kuning & hijau akan berjalan sesuai waktunya. Tapi kalau pas lampu merah trus ada yang mencet tombol maka akan

dipercepat waktunya jadi misalnya kalau waktu normalnya 30 detik bisa jadi 20 detik udah lampu hijau untuk pejalan kaki. Buat penyandang cacat khususnya tuna netra,,jangan khawatir karena alat ini akan berbunyi *tit–tit–tit* secara otomatis yang artinya pejalan kaki udah boleh nyebrang..

Oh iya angkutan umum disana (bus, trem & kereta) bisa diacungin jempol untuk  urusan ketepatan waktu..disetiap halte ada plang digital yang mengiformasikan berapa lama lagi bus kita akan datang (seperti foto dibawah ini)..Oh ya, khusus untuk bremen,ada aturan yang berlkau, kalo misalnya bus terlambat 15 menit tanpa pemberitahuan maka tiketnya akan gratis..tapi menurut pengalaman papa raihan,selama disana belum pernah kejadian (berharap tiket gratis.com hehehe)

PS : yang jelas disini gak pernah macet, karena si Komo gak pernah lewat hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s