Urunan beli tiket

Gak ngerti juga gimana aturan pastinya, tapi  di Jerman kalo mau jalan2 (untuk daerah2 regional) semakin banyak orang maka ongkos transportasi (Kereta) yang dikeluarin bisa jauh lebih murah.Misalnya gini kalau kita mau ke Hamburg dari Bremen atau sebaliknya, jika kita  seorang diri harus ngeluarin sekitar 28 euro,tapi tiket itu bisa dipake sampe 4 sampe 5 orang. Jadi biasanya orang yang udah beli tiket tsb nyari orang lain  yang satu tujuan (bisa  sampai 5 orang) biar ongkosnya ketutup,.jadi masing2 orang cuma bayar 5 ato 6 euro.murah kan???

Untuk memfasilitasi hal tsb, kita bisa rajin2 klik web site http://www.mitfahrgelgenheit.de Disana banyak orang yang udah punya tiket dan mau ngajakin “mitfahr” alias urunan bayar tiket. Waktu pertama kali nyampe, dari bandara Hamburg kami ke stasiun kereta Hamburg. Waktu itu sebenarnya papa raihan udah janjian sama seseorang untuk urunan beli tiket ke Bremen, tapi di perjalanan papa raihan dapat SMS kalo orang itu kecelakaan jaditiketnya dikasih ke orang lain. Wah. itu berarti kita harus beli tiket sendiri  seharga 28 euro hiks..

Didepan mesin tiket, tiba2 ada orang yang nanya ke papa raihan, mau beli tiket ke bremen yah? gimana kalo kita “urunan”  dia  udah ngajak 1 orang (ibu2 dengan 1 orang anak) kalo mau berarti jadinya 3 orang.Masing2 cukup bayar 6 euro aja. Papa raihanpun mengiyakan. akhirnya aku punya tiket ke bremen (papa raihan gratis karena dia student, raihan gratis juga karena masih dibawah umur).

Didalam kereta, kami (rombongan setiket tanpa kenal) duduknya agak2 deketan, papa raihan ngasih uang pecahan 10 euro ke ibu dengan 1 orang anak tadi..tapi si ibu tadi gak langsung ngasih kembalian 4 euro, kami pikir ntar aja nagihnya pas udah mau turun (maklum waktu itu kami masih excited karena baru ketemu lagi)..Begitu turun dari kereta ternyata si ibu2 itu udah kabur tanpa jejak, papa raihan coba nyari tapi gak ketemu..yahh ilang deh 4 euro kami. Pelajaran penting : jangan terlalu percaya sama orang..tapi gak papalah kami mengikhlaskan 4 euro itu..mungkin ibu itu lebih membutuhkan dibanding kami..

Waktu mau balik ke Indonesia..papa raihan ngecek situs mitfahr itu buat cari teman urunan tiket dari Bremen ke Hamburg..Alhamdulillah dapat, kami janjian ketemu didepan Toko Bunga di dalam Stasiun..begitu ketemu, ternyata teman urunan kami adalah seorang ibu2 dengan anak laki2 usia +/- 9 tahun.. dan tau gak ternyata si ibu tadi bersuamikan orang indonesia, orang padang..(kerja sebagai chef di hotel Hilton Bremen)..si ibu lumayan fasih berbahasa indonesia..wah seneng banget rasanya..si anak juga sangat ramah..dia menawari raihan biskuit..dan mengajak raihan ngobrol..sebelum berpisah kami sempatin berfoto bersama (liat deh si anak cowok..ganteng yah perpaduan jerman-padang.

Oh ya selain kami, si ibu juga ngajak 2 orang lagi untuk urunan. 1 orang laki2 dan 1 orang perempuan..2 orang tsb duduk persis di depan kami..yang tadinya tidak saling mengenal.begitu turun di stasiun bremen, mereka berdua sudah tampak lengket sekali hahah

hmm..aya2 wae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s