Nuker botol

menuju Lidl

Waktu membeli air minum dalam kemasan disuatu kedai saya sempat kebingungan, karena di rak tertulis 1 botol air gede ukuran 1800 ml harganya 3 euro tapi begitu nyampe kasir saya harus bayar 3 euro 25 sen..Pikir saya sistem barcode kedai itu lagi ngaco, gak sinkron antara harga yang dipajang sama databasenya..

Begitu saya cerita sama papa raihan, dia bilang oh emang gitu sistemnya, uang 25 sen itu bisa kita dapetin lagi kalo kita nuker kembali botolnya ke penjual, itu cara mereka untuk ngurangin sampah sekalian proses daur ulang gitu.besok deh kan kita mau supermarket nanti sekalian kita nukerin botol yang kita punya yah.

Besoknya kami pun berangkat ke supermarket buat beli bahan makanan, tidak lupa kami membawa 4 botol kosong air kemasan yang ada dirumah..sebelum masuk ke supermarket kami menuju ke suatu mesin yang bentuknya seperti mesin ATM, yang ngebedain karena ada lubang gede dimesin itu..4 botol yang kami punya itu dimasukin ke situ..setelah selesai, keluar struk warna putih kata papa raihan struk itu nanti dikasih ke kasir kalau nanti selesai belanja..jadi total belanjaan kita dikurangin dengan harga nuker botol tadi.. dan benar saja waktu itu total belanja kami 26 euro tapi kami cuma membayar 25 euro (1 euronya dapet dari 4 botol x 25 sen)

Hmm..bukan cuma jerman yang punya sistem kayak gini..di kampung saya juga ada, cuma beda cara aja..jadi inget, jaman saya kecil dulu, seminggu sehabis lebaran biasanya banyak tukang pengumpul botol berkeliaran disekitar kompleks perumahan.kan biasanya sehabis hari raya banyak sisa botol minuman (bekas syrup ato soft drink)..aku dulu suka nungguin si abang2 ini..lumayan kan nukerin botol bisa dapet beberapa ratus perak..tapi banyak juga anak2 yang takut sama abang2 ini,karena mereka kan bawa karung goni gitu..sebagian orang tua suka menakut2i anaknya..katanya kalo anak nakal ntar dimasukin dalam karung si abang itu hmm…

Lain negara..lain cerita..kalo di tempat kamu ada juga gak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s