UHT pertama Raihan

Ini adalah Ramadhan kedua aku berstatus sebagai mama. Tahun lalu aku gak bisa puasa karena raihan masih 5  bulan, masih dalam masa asi ekslusif . Puasa tahun ini raihan berusia 15-16 bulan, walopun masih ASI, Alhamdulillah tahun ini aku bisa ikut puasa..( gak perlu lagi ngos2an puasa sendirian untuk bayar utang)

Sejak raihan umur setahun, produksi ASIku mulai menurun, walaupun frekuensi merah dikantor tetep 2 hari sekali, tapi hasilnya sebanyak masa jaya2nya aku dulu :p. Sekarang ini dari dua kali mompa maksimal paling dapet 180-200 ml, jadi raihan tiap hari konsumsinya segitu ditambah kalo siang aku masih pulang nyusuin.Stok di frezzer juga hanya untuk cadangan 1 hari, bahkan saat nulis ini udah gak punya lagi stok asi di frezzer, karena selama puasa produksi nyusut jadi kekurangannya ngambil tabungan di frezzer.
Aku pengen banget nyusuin raihan selama dia mau, selama aku masih produksi ASI, belum ikhlas rasanya ngasih raihan susu pengganti lainnya, tapi aku ragu, dengan produksi yang ada sekarang apa bisa mampu menuhin kebutuhan raihan. Kalo berdasarkan artikel & sharing di milis sih, rasanya aku gak perlu khawatir karena katanya untuk seusia raihan, susu dibutuhkan hanya untuk memenuhi kebutuhan akan kalsiumnya aja..pun tidak didapat dari susu toh bisa didapat dari makanan lain, seperti keju, teri,brokoli dll. Menurut salah satu artikel yang aku baca (maaf lupa sumbernya), katanya kebutuhan susu untuk bayi 0-6 bulan adalah 100 persen, 70 persen untuk bayi usia 6 bulan -1 tahun & 30% untuk bayi diatas 1 tahun..tapi gimana yah..perasaan ketar-ketir takut gak bisa menuhin kebutuhan raihan masih tetap ada
Tanpa bermaksud untuk menyapih raihan lebih awal.. aku pikir sekarang ini saatnya buat ngenalin raihan susu selain ASI untuk pertama kali (Aku milih UHT disini gak ada yang jual susu pasteurisasi)..ada beberapa alasan pribadi untuk aku melakukan ini, satu diantaranya adalah Siapa tau pas pulang dari jerman oktober nanti Allah ngasih aku kepercayaan untuk hamil lagi..emang gak ada salahnya menyusui sambil hamil, bahkan gak sedikit ibu2 yang sukses melakukannya.. aku belum punya pengalaman soal ini dan aku juga gak tau pasti gimana kondisi fisik aku (apa memungkinkan ato tidak)..At least dengan ngenalin raihan UHT dia nanti gak kaget kalo misalnya (tapi mudah2an enggak) harus disapih lebih awal dari rencana.

Aku kemarin ngasih raihan susu ultra plain, lengkap dengan sedotannya (fyi..raihan paling hobi mainin sedotan & dah mulai jago minum pake sedotan)..kebetulan waktu itu kita lagi makan di resto..reaksi pertama pas minum UHT, dia isep pelan2 ,wah asik nih pikirku raihan suka UHTnya,, tapi gak berapa lama..dia brenti minum selanjutnya si kotak UHT dipencet2..alhasil berhamburanlah susu itu kemana2 dan si kotak UHT dijadiin mobil2an ..maaf yah mbak2 di resto ngasih kerjaan tambahan heheh..

Sejak itu aku belum pernah ngasih raihan UHT lagi, ntar deh pas libur lebaran aku coba ngasih lagi, mudahan bisa sukses, sambil tetap berharap & berdoa semoga produksi ASI kembali normal lagi agar bisa nyetok lagi.Amin..

Leave a Reply

