Kawat Gigi..Sebuah Hadiah Terindah

Saya sangat suka di foto, koleksi foto saya dari jaman kamera rol2an sampe kamera digital yang canggih udah gak keitung lagi. Dan thanks God, jodoh saya juga ternyata sangat menyukai dunia foto2an..lengkaplah sudah heheh

Beberapa temen saya bilang, kalo saya ini fotogenik alias bagus kalo di foto (padahal kalo aslinya lebih bagus lagi donk heheh)..itulah salah satu alasan kenapa saya banci kamera  heheh..tapi kalo  diperhatiin semua foto saya seragam..ekspresinya sama..senyum tipis dengan bibir tetutup, jarang2 foto saya dengan ekpresi ketawa lebar dengan gigi terlihat

To tell the truth, kenapa saya gak pernah senyum lebar memamerkaan gigi kalo difoto adalah karena saya gak pede dengan bentuk gigi saya, gigi kelinci, lebar dan agak gak rata.
Sejak dulu saya mimpi  banget punya gigi bagus & rata & thanks tu ilmu pengetahuan, ada sarana bagi saya untuk mendapatkan bentuk gigi impian adalah dengan memakai kawat gigi.

Tapi sedihnya adalah karena untuk masang kawat gigi plus biaya perawatan itu gak murah (hiks).Jadi inget, waktu pertama kali kerja, bertekad pengen nyisihin gaji biar bisa masang kawat gigi. Tapi sampe sekarang, 6 tahun masa kerja, niat itu belum juga kesampaian. Walopun budgetnya ada, tapi jujur agak berat juga mesti mengeluarkan uang yang cukup banyak (menurutku) hanya untuk membayar  pelat besi yang akan menghiasi geligiku. Masih berharap banget kalo ongkos pasang kawat gigi bisa ditanggung kantor hehe

Beberapa waktu lalu terjadi percakapan antara saya (selanjutanya disingkat M = Mama) dengan suami saya (selanjutnya disinkgat P = Papa)

P  : “ Ma, bentar lagi kan mama ultah, udah ada yang dipengenin belum?”
M : “ mmmh..belum ada pa, ntar deh kalo ada ntar mama kasih tau”
P  : ” Katanya ada pengen pasang kawat gigi, gimana masih pengen gak?ntar papa deh yang bayarin..”
M : ” Mmhhh..boleh juga (berusaha tampak cool padahal dalam hati bersorak sorai kegirangan..akhirnya my dream comes true juga..& the best partnya adalah karena.gak perlu ngelurain duit sendiri hihih
(satu lagi kebahagian menikah adalah karena akan ada pasangan yang akan selalu memperhatikan & bertanggung jawab atas kebutuhan kita heheh)

Singkat cerita..saya pun hunting dokter gigi yang nyaman (harus nyaman donk secara saya akan menganga cukup lama di hadapannya :P). & akhirnya ketemu dokter gigi yang praktek gak jauh gari rumah, setelah negosiasi harga. Saya bikin appoinment untuk balik kesana 2 minggu lagi untuk pasang kawat gigi

Biar lebih mantap, saya sibuk googling, nyari2 artikel tentang tips & trik biar nyaman kalo ntar pake kawat gigi, cara perawatan, aksesoris pendukung bla..bla..bla..
Dalam pencarian saya itu, tiba2 saya ingat, jaman SMA dulu waktu ikut kajian2 islami,permasalahan pemakaian kawat gigi pernah dibahas..
Biar gak ragu, akhirnya saya kembali googling,kali ini pengen memperdalam hukum memakai kawat gigi dalam pandangan islam..apa diperbolehkan ato enggak..
Dari sekian artikel yang saya dapat..semuanya 1 pendapat yang intinya..Islam memperbolehkan pemakaian kawat gigi selama untuk alasan kesehatan, tapi apabila untuk alasan kecantikan hal ini tidak diperbolehkan, karena hal ini sama saja dengan merubah ciptaan Allah.Nauduzbillah mindzalik

Ini salah satu kutipannya…

”…Rasulullah –Shallallaahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato, orang yang menghilangkan bulu wajah (alis) dan yang minta dihilangkan bulu wajahnya, serta orang yang merenggangkan diantara gigi-giginya, yaitu orang-orang yang merubah ciptaan Allah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kembali kepada pertanyaan Anda, maka hukum memakai kawat gigi, kalau memang untuk pengobatan atau kesehatan dengan cara merapikan gigi yang tidak rapi (tidak wajar) dan mengganggu, serta menimbulkan kesulitan, maka hukumnya boleh.

Adapun gigi yang sudah tumbuh sewajarnya kemudian dirubah lantaran untuk sekedar berhias dan mempercantik diri secara berlebihan hal ini adalah terlarang karena masuk dalam kategori merubahciptaanAllah.
Wallahu a’lam bish-shawab.

http://www.syariahonline.com/pencarian.php?mod=view&id=36825&key=kawat%20gigi

Saya merenung..mempertanyakan kembali & mencoba jujur pada diri sendiri, sebenarnya apa niat utama saya untuk memakai kawai gigi?? Dan jawabannya adalah karena ingin terlihat lebih cantik, bisa senyum lebar dengan gigi rata bukan untuk alasan kesehatan karena Alhamdulillah gigi kelinci pemberian Allah ini tidak pernah menyusahkan saya. selama ini

Ya Allah ampuni saya atas kelemahan fikiran saya. Saya tidak mau melakukan perbuatan yang dimurkai Allah. Tak terhitung nikmat yang telah diberikan Allah, fisik lengkap tak ada cacat. Subahannallah..

Alhamdulillah Allah masih melindungi saya. Coba kalo saya tau pas saya udah make kawat gigi..gimana coba.Seketika niat saya untuk pake kawat gigi, untuk tampil cantik dengan gigi rata ilang tak berbekas..biarlah tetap apa adanya seperti ini..lagian dengan gigi bentuk gigi seperti ini saya menarik koq (wak..narsisnya mulai lagi nih )

Ya allah..hari ini aku tepat berusia 29 tahun. Tak terhitung nikmat yang telah engkau berikan kepada aku..Lindungi aku terus Ya Allah untuk selalu ada dijalanmu..jangan jadikan aku kufur atas nikmatmu..Jadikanlah sisa umurku yang ada bisa bermanfaat untuk aku & orang banyak. Berikanlah aku beserta orang2 tercintaku keselamatan & kebahagiaan didunia & insya Allah di akhirat Kelak..Amin..

Sebuah catatan kecil..di detik2 awal kehidupanku di usia 29 tahun..

”Happy Birthday.”.

Kendari 14 september 2009  pukul 00.00

Leave a Reply

