Raihan 16 bulan

Raihan tepat 16 bulan hari ini. Tanggal 1 september kemarin di posyandu, waktu nimbang berat badan raihan  9.8 kg. tinggi badan 83 cm & lingkar 49 kepala, gigi masih enam belum ada yang tumbuh lagi
(aku liat di growt chart, pertumbuhan fisik raihan masuk kategori normal. Alhamdulilah)

Sampai hari ini raihan belum terlalu lancar berjalan. Jujur aku sedikit sensi kalo inget hal ini. Aku sedikit “kewalahan” menanggapi pertanyaan orang-orang,kenapa raihan belum bisa jalan juga. Setiap chatting ma papanya pasti selalu ditanyain gimana perkembangan jalan raihan..udah gitu kakeknya selalu bilang kalo raihan telat jalan karena terlalu sering digendong mbaknya, padahal engak juga loh.Belum lagi kalo liat anak temen/tetangga yang usianya 2 ato 3 bulan lebih muda dari raihan tapi udah bisa jalan.
Seolah2 dunia menyalahkan aku karena sampe hari ini raihan belum bisa jalan..hiksssss

Aku bingung harus gimana, mulai dari stimulasi fisik tiap hari sampe hypnoterapy pas raihan mau bobok udah aku lakukan. tapi emang mungkin belum waktunya raihan jalan jadi mau gimana lagi. Hellow .setiap bayi tuh unik.punya masa pertumbuhan sendiri2…kalau emang sampe hari ini raihan belum jalan, berarti emang belum waktunya..So..Santai aja Kali…..
(dari literatur,artikel, sharing dll..aku tau ternyata gak sedikit bayi yang telat jalannya..ada yang baru mulai langkah pertama di usai 17 bulan bahkan mamaku bilang kalo kakak cowokq baru bisa jalan di usia 2 tahun.jadi kayaknya gak perlu khawatir yang berlebihan deh
Raihan sendiri udah mulai bisa jalan 3-5 langkah, Cuma aku perhatiin dia moody. Terkadang semangat tapi kadang nyante2 gitu hehehe..

Selain urusan jalan, alhamdulillah perkembangan motorik raihan normal, dengan bahasanya sendiri dia udah bisa”berkomunikasi” dengan aku & orang2 rumah..2 minggu terakhir nafsu makannya bagus..lagi hobby nonton VCD  Brainy baby, lagi tergila2 kalo liat iklan di TV, kalo lagi nangis trus ada  iklan, nangisnya brenti pas iklannya selesai acara nangis dilanjutkan kembali hehehe..palagi kalo iklan yang ada baby & anak2nya..wah langsung nunjuk2 teve deh..

Raihan sekarang lagi jahil2nya ih..hobby mengigit.tante & neneknya suka jadi korban..aku sendiri pernah terbangun karena kesakitan..pas liat ternyata raihan gigit kaki aku (maksudnya nyuruh mamanya bangun mau ngajak main heheh),

Jagoanku pinter..kalo ngeliat aku sholat langsung refleks duduk, angkat tangan & gaya berdoa) plus cium sajadah..Cuma dia masih bingung waktu mamanya sholat kenapa mama gak senyum pas raihan ngajak becanda…

Tiap pagi kalo nganter aku ke kantor, pangeranku ini udah gak pernah nangis lagi loh..hanya saja kalo istirahat siang (aku pulang nyusuin) pas mau ditinggal nih dia masih suka nangis..

Raihanku sekarang udah ngerti barang2 miliknya..kalo misalnya ada yang pegang  barang/mainan miliknya dia langusng bilang “tuttu””(terjemahan bebasnya..that’s mine heheh), bahkan barang2 punya aku juga dia udah hapal loh..minggu lalu waktu tantenya minjem jilbab aku buat ngantor..raihan narik2 jilbab itu sambil bilang “tuttu..tuttu”

Raihan sekarang semakin sadar kamera, kalo ada pose yang bagus trus mama bilang tahan ya mama mau foto, dia anteng loh, udah gitu pasang senyum lebarnya tapi yang lebih seru lagi,setiap abis motret dia buru2 mau ambil camdig, pengen liat hasilnya..hmm dasar baby sekarang.udah hi tech banget yah heheh

Demikian sekilas perkembangan raihan di usia 16 bulan..Doa mama tentunya raihan cepet Jalan..tapi yang pasti semoga sehat selalu.. Oh ya ini ramadhan ke dua raihan loh. Ya Allah panjangkanlah  umur kami, semoga bisa bertemu ramadhan berikutnya dan bisa merasakan ramdahan lengkap dengan papa & mama amin.

PS : ini foto raihan ngabuburit sambil ngemil anggur hehehe

Leave a Reply

