Yang khas dan seru di Bulan Maulid

Biarpun bulan Maulid udah lewat.pengen cerita dikit nih tentang tradisi khas bulan maulid di tempatku..Kalo lagi bulan maulid, biasanya kita kebanjiran undangan maulid di berbagai tempat, di masjid ato dirumah2..ada dua makanan yang selalu ada tiap bulan maulid..

sajian khas di bulan Maulid "SOKKO"

Pertama: Penganan khas ini namanya “SOKKO”. Terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan berliter2 santan sehingga hasilnya lengket n “malundra” kalo orang bugis bilang.Yang seru kalo kita makan sokko ini adalah karena kita bakal dapet kejutan ketika menyantapnya karena ternyata didalam sokko ini tersembunyi sepotong ayam heheh..Tapi kali ini sengaja ayamnya diletakin diatas sokko, karena ayamnya mau nampang di mp juga heheh..

Kedua: Ini namanya male..alias bunga telur..male

Khas bulan Maulid "MALE"

ini biasanya dikasih sebagai souvenir untuk tamu yang datang..Jadi inget jaman dulu tiap mau maulidan..sebulan sebelum hari H biasanya tanteku sudah sibuk ngikir batang bambu supaya halus buat dijadiin pegangan male..udah gitu gunting2 kertas minyak untuk hiasannya..ini momen yang sering aku tungguin..asik banget ngeliatnya..Kalo sekarang sih gak perlu repot2 gitu secara d pasar udah banyak yang jualan tangkai male plus dengan hiasannya..

oh iya selain telur..kue bolu kukus juga bisa dijadiin alternatif pengisi male..Male ini selain dibikin pas maulid..juga selalu ada di acara pengantin bugis..utamanya pas malam pacar /”MAPPACCI”,Untuk dibagiin buat tamu2 yang udah pengajian untuk calon pengantin..

Oh iya kemarin waktu maulidan dikantor..aku dapet 2 tangkai male.seneng deh..aku bawa pulang untuk raihan..mau ngenalin ke raihan nih tradisi maulidan khas bugis..

Ah raihanku sayang..kelak jika engkau besar nanti..kemanapun dan dimanapun engkau berada..jangan lupakan nilai2 budayamu. Pegang kuat & berbanggalah pada tradisimu sayang..Love U…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s